HeadlineKota Bengkulu

Penguatan Kapasitas Penanganan Tindak Pidana Pemilu , Gakkumdu Latih Penyidik dan Penuntut Umum

196
×

Penguatan Kapasitas Penanganan Tindak Pidana Pemilu , Gakkumdu Latih Penyidik dan Penuntut Umum

Sebarkan artikel ini
Foto: doc.tribratnewsbengkulu.com

Rabu, 24 Oktober 2018
Kontributor : A Sukran

BENGKULU – Mengingat waktu pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) semakin dekat. Gakkumdu se-Provinsi Bengkulu mempersiapkan penyidik dan penuntut umum serta melakukan penguatan kapasitas pengawas pemilu dalam penanganan tindak pidana pemilu tahun 2019 mendatang.

Wakapolda Bengkulu, Kombespol. Drs. Budi Widjanarko, SH, MH mewakili Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M. Hum mengatakan, persiapan berupa pelatihan ini diadakan untuk penguatan kapasitas pengawas pemilu dalam penanganan tindak pidana pemilu.

Dikatakan Wakapolda, pemilihan umum adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Untuk mencegah terjadinya tindak pidana pemilu, maka di perlukanlah koordinasi dan sinergisitas yang baik antara masing-masing stake holders.

“Sinergisitas perlu dijaga mulai dari aparat Kepolisian, TNI, BAWASLU, KPU, hingga para pemegang peranan di dalam masyarakat,” kata Wakapolda, yang juga selaku penasehat provinsi dalam struktur organisasi Gakkumdu pada Rakor di Santika Hotel Bengkulu, Selasa (23/10) kemarin.

Selain pembukaan pelatihan, inti kegiatan pada hari itu adalah Rapat kordinasi sentra Gakkumdu, mengusung tema  Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Rakor tersebut dipimpin oleh Wakapolda, dihadiri oleh Wakil Kajati Bengkulu, DirReskrimum Polda Bengkulu, dan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *