Bengkulu UtaraHeadline

Ciptakan Tenaga Kontstruksi Desa Bersertifikat, PUPR BU Gelar Uji Kompetensi

208
×

Ciptakan Tenaga Kontstruksi Desa Bersertifikat, PUPR BU Gelar Uji Kompetensi

Sebarkan artikel ini

Selasa, 27 November 2018
Pewarta : Herman

BENGKULU UTARA – Guna memenuhi target sertifikasi tenaga konstruksi serta mengingat pentingnya menciptakan tenaga jasa konstruksi bersertifikasi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), mengadakan kegiatan Uji Kompetensi Sertifikasi (UKS), yang dilaksanakan sejak Selasa (27/11).

Disebutkan oleh Kepala Dinas PUPR BU, Heru Susanto, ST., MT., melalui Kabid Jasa Konstruksi, Syafrial Oswari, SH., jumlah peserta sebanyak 50 orang, merupakan utusan dari sejumlah desa di daerah itu. Dengan tujuan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta menjadi tenaga terampil bersertifikat.

“Hari ini ada dua ujian sertifikasi yaitu SKT pembesian dan SKT tukang cor yang pelaksanaannya hanya satu hari dan yang melaksanakan nanti dari LPJK sebanyak 7 orang. Seperti dilihat, ada Mobile Training Unit (MTU) disiapkan untuk peserta mengikuti praktek secara langsung,” kata Oswari.

Dijelaskan oleh dia, kenapa diminta dari desa, karena sebelumnya pada tahun 2017 telah dilaksanakan untuk tenaga dari anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi, penyelenggaraannya bekerjasama dengan sejumlah asosiasi, antara lain Gapensi, Gapeksindo dan Gapeknas.

“Tahun ini kita coba masuk keranah desa, tujuiannya untuk membantu Kepala Desa, dalam pelaksanaan pembangunan Dana Desa, mengungat pembangunan di desa banyak pekerjaan konstruksinya,” ucapnya.

Sesuai dengan amanat UU Jasa Konstruksi nomor 2 tahun 2017, kata Oswari, bahwa seluruh pekerja konstruksi diwajibkan mempunyai sertifikat kompetensi. Untuk itu diharapkan di desa atau pekerja konstruksi memiliki sertifikat.

“Inilah tujuan kita yakni untuk membantu para Kepala Desa dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi melalui Dana Desa, mereka memiliki tenaga kerja konstruksi yang mengantongi sertifikat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *