Bengkulu UtaraHeadline

Ini Wujud Sinergisitas Polisi dan Segenap Unsur Dalam Operasi Lilin

231
×

Ini Wujud Sinergisitas Polisi dan Segenap Unsur Dalam Operasi Lilin

Sebarkan artikel ini

Kamis, 20 Desember 2018
Pewarta : Herman

BENGKULU UTARA – Guna menciptakan kondusifitas pada perayaan Natal dan malam tahun baru 2019, Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu Utara (BU), beserta unsur Forkopinda, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait siap bersinergi mendukung pelaksanaan operasi lilin. Selain Polisi dari Polres hingga ke jajaran Polsek, operasi kali ini akan disertai oleh unsur TNI, serta Satpol PP.

Disebutkan, operasi ini diikuti pula oleh segenap OPD terkait yakni, Dinas Parawisata, BPBD, Dinkes BU dan Benteng, Kwarcab Pramuka, PLN PUPR, FKUB BU dan Benteng, pihak pengelola SPBU, dan Senkom.

Pemantapan telah dilakukan dalam rapat kordinasi (Rakor) lintas sektoral pada Kamis (20/12) di aula Amarta Polres BU, yang langsung dihadiri oleh Kapolres BU, AKBP Ariefaldi WN, SH, SIk, MM, Dandim 0423/BU, para pimpinan OPD sekabupaten BU, dan Benteng, beserta unsur terkait lainnya.

Diucapkan oleh Kapolres, rakor tersebut bertujuan untuk mempererat jalinan sinergitas antara Polres Bengkulu Utara dan Instansi terkait (stakeholder) dalam melaksanakan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, dan menjalankan tugas pelayanan terhadap masyarakat.

“Pelaksanaan operasi lilin dalam rangka natal dan tahun baru pada tahun ini bertepatan dengan agenda pemilu dan libur sekolah. Tentunya akan terjadi peningkatan arus lalu lintas orang, kendaraan maupun barang,” kata Kapolres dalam penyampaiannya.

Dijelaskan oleh Kapolres, kegiatan pengamanan ini bersifat kemanusiaan dengan fokus pada pelaksanaan ibadah umat nasrani, tempat-tempat objek wisata maupun pusat-pusat perbelanjaan serta permukiman penduduk yang ditinggal oleh penghuninya menjalankan aktifitas ibadah maupun rekreasi.

“Tujuan kita tentunya dapat menekan angka tindak kriminalitas, laka lantas, korban bencana alam seperti banjir, longsor maupun adanya korban tenggelam karena euforia di tempat-tempat wisata pantai,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Kasatlantas akan melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi obyek wisata dan tempat-tempat keramaian lainnya. Disebutkan pula soal kondisi jembatan Tanjung Agung Palik (TAP) yang belum bisa dilintasi kendaraan R6.

Sedangkan Dinas Kesehatan BU menyiagakan seluruh Puskesmas yang ada, Pusling dan Tenaga Medis serta piket Jaga, tentunya beserta menyiagakan ambulance dan tenaga medis pada pos-pos pengamanan.

Untuk BPBD, mengaku siap menyiagakan tim SAR antisipasi bencana alam. Diikuti pula oleh FKUB yang akan ikut memantau gereja-gereja yang melaksanakan ibadah, serta
sosialisasi kerukunan antar umat beragama menjelang dan selama pelaksanaan perayaan Natal.

Dari Satpol PP menyiapkan 6 unit Damkar yg tersebar pada rayon-rayo kecamatan. Dengan kekuatan 20 orang personil Pam Natal dan tahun baru, serta menyiapkan tangki-tangki air sebagai cadangan jika terjadi kebakaran. dan PUPR akan mendata dan perbaikan jalan-jalan yang rusak dengan menyiapkan alat berat di lokasi-lokasi rawan bencana

Tidak ketinggalan, pihak SPBU berupaya mendapatkan tambahan pasokan BBM guna menghadapi perayaan Natal dan Tahun baru sampai dengan tanggal 8 januari 2019 dari Satgas yg dibentuk oleh Pertamina, dan siap melayani konsumen selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *