Bengkulu UtaraHeadlineHukum dan Kriminal

Langgar Aturan Kampanye, Caleg PDIP Bengkulu Utara Diperiksa

452
×

Langgar Aturan Kampanye, Caleg PDIP Bengkulu Utara Diperiksa

Sebarkan artikel ini
Andaru Pranata

Rabu, 13 Februari 2019
Pewarta : Herman

BENGKULU UTARA – Sejatinya, regulasi yuridis normatif pemilu 2019 telah tertuang dalam UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Secara tegas dijelaskan beberapa larangan dan sanksi hukum bagi peserta pemilu yang melanggar ketentuan-ketentuan atau the rule of game.

Namun demikian pelanggaran masih tetap saja terjadi bahkan kali ini dilakukan oleh caleg asal partai besar yakni PDIP. Caleg yang bersangkutan malah merupakan putra orang nomor satu di Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Lantaran diduga telah melakukan pelanggaran yakni menggunakan fasilitas negara, Caleg Dapil I BU, Andaru Pranata, yang merupakan putra sulung Bupati Ir Mian pada Selasa (12/02/2019) kemarin diperiksa oleh Gakkumdu.

Menurut penjelasan Koordinator Divisi PP dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu BU, Tugiran, M.Pd, didapati adanya Alat Peraga Kampanye (APK) milik caleg tersebut dipasang di rumah dinas bupati.

“Berdasarkan informasi adanya Alat Peraga Kampanye (APK) dipasang di rumah dinas Bupati tentu menjadi perhatian Bawaslu. Untuk memastikan sejauh mana kebenarannya, makanya kita lakukan investigasi,” kata Tugiran.

Kata Tugiran, terduga pelanggar aturan kampanye, yakni Andaru Pranata, SE telah dipanggil, dan bersedia hadir di Bawaslu.

“Yang bersangkutan (Andaru Pranata-red) membenarkan bahwa gambar di baliho itu adalah gambar dirinya,” kata Tugiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *