1.062 Calon Anggota BPD Dilantik Serentak, Begini Pesan Bupati Bengkulu Utara

0
66

BENGKULU UTARA, kontrastoday.com Sebanyak 1.062 orang calon anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dari 19 kecamatan se Kabupaten Bengkulu Utara (BU) priode 2019-2025 pada Rabu (18/12/2019) serentak dilantik dan diambil sumpah atau janji oleh Bupati BU, Ir. H. Mian di halaman kantor Bupati setempat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji 1.062 calon anggota BPD ini merupakan perwakilan dari 192 desa dari 19 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Ir. H. Mian dalam penyampaiannya, mengingatkan kepada anggota BPD untuk menjadikan lembaga ini sebagai lembaga yang dapat mempertegas peranannya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“BPD harus mampu dan menampung aspirasi masyarakat desa dan dapat membangun kerjasama yang baik dengan kepala desa dan perangkatnya, sehingga dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik untuk kemajuan desanya masing-masing,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, terdapat beberapa hal yang berbeda dalam pengisian anggota BPD tahun ini, karena berdasarkan peraturan yang ada keanggotaan BPD terdiri dari keterwakilan perempuan dan keterwakilan dusun, sehingga diharapkan adanya pemerataan dalam membangun desa melalui usulan-usulan yang disampaikan dalam musrenbangdes.

Kemudian bupati merasa penting menekankan khusus kepada anggota BPD yang baru dilantik. Bahwasanya pemerintah daerah telah menyiapkan suatu payung hukum terlait dengan keberadaan BPD yaitu melalui Perda Nomor 17 Tahun 2018.

“Saya mohon kepada camat, para Kepala Desa dan Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan perda ini segera disosialisasikan dengan baik dan benar kepada anggota BPD yang baru dilantik, karena melalui Perda nomor 17 sudah tertuang secara komprensif menyeluruh tugas, fungsi dan tupoksi sarta acuan kerja seluruh anggota BPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, untuk itu agar menjadi pedoman yang serius,” ujar Bupati Ir. Mian.

Bupati juga merasa penting menyampaikan bahwa keberadaan BPD amat sangat strategis di era pemerintahan sekarang ini dalam kaitannya membangun desa.

“Untuk itu saya berharap keberadaan BPD tetap membangun komunikasi yang sinergis dengan baik antara kepala desa dengan BPD, sehingga pembangunan menggunakan Dana Desa (DD) itu benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat secara tepat waktu, tepat mutu, dan skala prioritasnya akan tercapai,” harap Bupati.

Kemudian bupati menyampaikan, pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Bupati dan Wakil Bupati dan semua jajaran pemerintah daerah fokus dalam melaksanakan pembangunan dengan pilosofi membangun untuk semua melalui fokus kepada pembangunan infrastruktur, karena infrastuktur akan memberi daya ungkit terhadap pembangunan-pembangunan layanan yang lainnya.

“Untuk itu kami berharap juga para kepala desa dan BPD fokus dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan kriteria dan kearifan lokal masing-masing desanya,” harap Bupati.

Kepada anggota BPD yang baru dilantik bupati tak lupa juga mengucapkan selamat.

“Selamat bekerja kepada seluruh anggota BPD yang baru dilantik, berketepatan pelantikan ini dipenghujung tahun 2019, tentunya menjadi aura tersendiri tugas saudara, pertama mengepaluasi terhadap pekerjaan 2019, dan mengintrospeksi diri apa yang harus kita kerjakan lebih baik di tahun 2020 yang akan datang,” pungkas Bupati Ir. H. Mian.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Bengkulu Utara, Wakil Ketua I DPRD, unsur FKPD, OPD, Perwakilan Organisasi Wanita, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Bengkulu Utara. (ADV)

Editor : redaksi kontrastoday.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here