advetorialBengkulu UtaraDaerah

Pasca Vaksin PMK, Dinas TPHP BU Lakukan Monitoring dan Surveilans

177
×

Pasca Vaksin PMK, Dinas TPHP BU Lakukan Monitoring dan Surveilans

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM – Dalam rangkaian kegiatan kesehatan hewan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkulu Utara melakukan monitoring dan surveilans. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis 03 November 2022, setelah pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas TPHP BU, Kuasa Barus, S.Pt menyebutkan, surveilans dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ternak yang telah divaksin, kemudian diolah menjadi serum dan diuji di laboratorium.

Tujuan dari pengujian sampel darah ini, kata Dia, untuk mengetahui titer antibody yang terbentuk setelah vaksinasi sehingga dapat diketahui efektifitas vaksin dalam mencegah Penyakit Mulut dan Kuku.

“Pengambilan sampel darah dilakukan pada delapan desa yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dengan total keseluruhan adalah 584 sampel,” katanya.

Rincian jumlah sampel darah yang diambil, lanjutnya, adalah 73 sampel dari masing-masing desa yang terdiri dari Desa Suka Makmur dan Desa Karya Pelita di Kecamatan Marga Sakti Seblat.

Kemudian, Desa Fajar Baru di Kecamatan Ketahun Desa Marga Bakti di Kecamatan Pinang Raya, Desa Magelang dan Desa Serumbung di Kecamatan Kerkap. Desa Marga Jaya di Kecamatan Padang Jaya serta Desa Rena Jaya di Kecamatan Giri Mulya.

Sampel darah yang diambil adalah sampel dari ternak sapi yang telah mendapatkan vaksin PMK sebanyak dua dosis. Pengambilan sampel darah dilakukan melalui vena jugularis yang terdapat pada leher sapi.

“Sampel darah yang sudah diambil kemudian diolah untuk menjadi serum dan dikirimkan ke Laboratorium di Balai Veteriner Lampung untuk dilakukan pengujian. Harapan kami sampel yang diuji memberikan hasil yang menggembirakan. Artinya seluruh sapi yang tervaksin memiliki kekebalan yang tinggi terhadap Penyakit Mulut dan Kuku,” pungkasnya. [**]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *