Bengkulu UtaraBeritaDaerahHukum dan KriminalPotret Desa

Untuk Meminimalisir Terjadinya Tindak Pidana, Pemdes Gunung Besar Gelar Sosialisasi Hukum

37
×

Untuk Meminimalisir Terjadinya Tindak Pidana, Pemdes Gunung Besar Gelar Sosialisasi Hukum

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM Untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi dan persoalan hukum lainnya, Pemerintah Desa Gunung Besar Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara menggelar sosialisasi hukum bagi Pemerintahan Desa dan Masyarakat di Kantor Desa setempat, Rabu (24/04/2024).

Dalam sosialisasi hukum ini, Pemdes Gunung Besar menghadirkan narasumber dari Polres Bengkulu Utara. Materi yang disampaikan adalah materi yang berhubungan dengan hukum pidana, hukum perdata dan perlindungan masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi Hukum ini dihadiri narasumber Polres Bengkulu Utara, Camat Arma Jaya Hartono, SIP, Kepala Desa Gunung Besar, Perangkat Desa, Ketua dan anggota BPD, Tokoh masyarakat dan warga setempat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Gunung Besar, Adis Edi menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang sudah bersedia hadir dan memberikan sosialisasi hukum, karena sosialisasi ini penting untuk menambah wawasan masyarakat, terutama para aparatur desa agar tidak tersandung hukum dalam mengelola anggaran keuangan desa.

“Karena terkadang persoalan desa yang berkaitan dengan hukum tidak semuanya kita pahami. Maka dengan sosialisasi ini kita bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika ada permasalahan hukum di desa,” ungkap Adis.

Sementara itu, Kanit Tipikor Satuan Reskrim Polres Bengkulu Utara, Ipda Tri Cahyoko, SH selaku narasumber menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyebarluasan informasi tentang hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuan dari sosialisasi hukum ini untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum dalam bentuk tertib dan taat atau patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi tegaknya supremasi hukum,” Tri Cahyoko.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat berdiskusi lebih lanjut tentang materi yang telah disampaikan. Penyuluh hukum berkomitmen untuk terus memberikan edukasi hukum guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. [man27]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *