APBD-P Belum Dibahas, DD Tahap Ketiga Terancam Tidak Cair

0
576

Jumat, 31 Agustus 2018
PEWARTA : HERMAN

BENGKULU UTARA – Dana Desa (DD) tahap ketiga atau tahap terakhir tahun 2018 ini terancam tidak cair. Pasalnya, hingga saat ini, satu hari jelang masuk bulan september, APBD Perubahan (APBD-P) belum juga dibahas oleh pihak DPRD Bengkulu Utara. Ditengarai, merupakan salah satu akibat dari Raperda LKPJ tentang Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) BU Tahun Anggaran 2017, ditolak oleh dewan.

Perkiraan ini bisa terjadi, sebab pada APBD hanya dianggarkan DD untuk tahap pertama dan tahap kedua. Sementara untuk tahap ketiga yakni sekitar sebesar Rp 12 miliar, memang direncanakan akan dianggarkan pada APBD-perubahan.

Sementara itu, ketua DPRD BU, Aliantor Harahap SE, sebelumnya telah menyatakan, pihaknya siap membahas APBD-P, namun setelah dilakukan pembahasan ulang LKPJ dan dinyatakan diterima oleh dewan.

“Sejumlah pertanyaan fraksi baik dalam hearing maupun paripurna tidak mendapatkan jawaban secara memuaskan dari pihak eksekutif, inilah yang menjadi penyebab sehingga LKPD ditolak,” kata Aliantor.

Untuk itu, ia berharap agar hal ini menjadi perhatian serius, jangan sampai berdampak luas hingga terhambatnya berbagai pembangunan termasuk juga pencairan dana desa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here