Bengkulu UtaraHeadlineHukum dan Kriminal

Bisa Timbulkan Malapetaka, Dana Lampu Hias di Arga Makmur Belum Jelas

235
×

Bisa Timbulkan Malapetaka, Dana Lampu Hias di Arga Makmur Belum Jelas

Sebarkan artikel ini
Foto : tampak salah satu lampu terlepas dan menjuntai ke permukaan jalan

Selasa, 2 oktober 2018
PEWARTA : HERMAN

BENGKULU UTARA – Pemasangan lampu hias yang katanya guna menyemarakkan Hari Jadi Kota Arga Makmur ke 42, tahun 2018 ini belum jelas sumber pendanaannya. Pasalnya ketika hal itu ditanyakan kepada pihak yang memahami, dan sepengetahuan dia, dana untuk pekerjaan tersebut tidak tercantum dalam APBD.

Selain itu, pelaksanaan pemasangan lampu dua warna yang melilit di pohon dari depan Mapolres BU hingga depan Unras tersebut dapat membahayakan masarakat. Karena sambungan penghantar yang berisi strum tidak diberi pengaman yang memadai, serta cara pemasangannya yang dinilai sembrono.

Terhimpun kontrastoday, terlihat salah satu lampu terlepas dari posisinya dan menjuntai ke jalan. Tentu hal ini sangat membahyakan, terutama terhadap tegangan sentuh. Disamping itu ketidak beresan terjadi pada sistim koneksi penghantar yang berjumlah puluhan hingga ratusan titik sambungan di dalam tanah, yang akan menimbulkan induksi atau hubung pendek apabila lembab atau basah.

Sayangnya ketika hal ini ditanyakan kepada lembaga teknis kelistrikan seperti PLN atau biro Instalatir, tidak ada yang mengetahui ataupun pernah diajak oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup BU selaku pelaksana pekerjaan yang disebut bisa saja menimbulkan malapetaka itu, baik dalam pelaksanaan ataupun perencanaannya.

“Jika terjadi kebocoran arus, atau timbulnya tegangan sentuh akibat cuaca atau lainnya, tentu akan menjadi malapetaka bagi masyarakat,” kata warga sekitar yang mengaku memahami teknis kelistrikan kepada kontrastoday.com, Senin. (nama ada pada redaksi).

Demikian pula dengan Kadis Lingkungan Hidup BU, Akmaludin Zakaria, tidak memberikan respon ketika ditanyakan persoalan tersebut kepadanya. Bahkan beberapa kali dicoba ditanyakan via pesan singkat dan WA, hanya dibaca oleh dia, namun tidak dibalas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *