Gaji Kades Urung Setara ASN, Diundur Tahun Depan

0
312
Ilustrasi (google)

Kamis, 21 Februari 2019

JAKARTA – Kabar kurang sedap menghinggapi para Kepala Desa dan perangkatnya. Pasalnya, pemerintah urung merealisasikan penyetaraan gaji setara dengan ASN golongan IIA, pada bulan Maret 2019. Rencananya akan mulai berlaku efektif pada Januari 2020. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dikutip dari cikancah-cyber.com, yang melansir dari detik.com, menurut Sri Mulyani belum bisa diterapkannya penyetaraan gaji perangkat desa pada Maret 2019 ini karena desain keuangan setiap daerah berbeda-beda, jika tidak dikaji lebih dalam akan menimbulkan gangguan dan perubahan dalam anggaran.

“Kalau untuk 2020 pasti mulainya Januari, karena itu sudah mulai direncanakan di dalam anggaran untuk 2019 ini,” kata Sri Mulyani.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menurutnya penyesuaian gaji kepala desa dan perangkat desa lainnya tidak bisa berlaku efektif tahun ini sebab membutuhkan perubahan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sumber dananya sendiri, akan dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), termasuk dana desa yang diberikan oleh pemerintah setiap tahun.

“Itu (berlaku efektif) nanti diputuskan Januari tahun 2020. Efektifnya tahun depan itu saja. Ini kan tidak mungkin perubahan APBN, APBD, serupiah pun. Sudah sepakat kok sudah dipanggil pengurusnya oleh Pak Seskab (Sekretaris Kabinet Pramono Anung) kemarin di istana,” katasnya, seperti dilansir cnnindonesia.com.

Memang sebagaimana diketahui sebelumnya, pemerintah menargetkan penyesuaian gaji kepala desa dan perangkat desa lainnya akan efektif Maret 2019.

Hal itu dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Penyetaraan gaji tersebut akan dilakukan kepada perangkat desa yang terdiri dari 12 orang, yakni satu kepala desa, satu sekretaris desa dan 10 pelaksana desa.

Dengan besaran penghasilan tetap (siltap) untuk bagiannya akan berbeda-beda. Adapun gaji kepala desa akan setara 100% dengan gaji golongan IIA, sekretaris desa 90% dari golongan IIA, dan perangkat desa hanya 80% dari gaji golongan IIA.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji PNS golongan II A saat ini ditetapkan sebesar Rp1,92 juta hingga Rp3,21 juta.

Ini belum termasuk kenaikan gaji PNS yang dijanjikan Jokowi tahun ini sebesar 5 persen. Dengan memperhitungkan penyesuaian gaji PNS tahun ini sebesar 5 persen, kepala desa dapat mengantongi Rp2,02 juta hingga Rp3,82 juta.

Baca juga : SKB 4 Menteri, Akhir Maret Gaji Kades dan Perangkat Setara ASN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here