Dinkes Lakukan Bimbingan Kesehatan Dan Pengukuran Kebugaran Kepada JCH BU

0
126

Senin, 01 April 2019
Pewarta : Admin

BENGKULU UTARA – Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkulu Utara melakukan pengecekan kebugaran, Senin (01/4) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara.
Kegiatan pengecekan kebugaran ini sebagai langkah untuk mengetahui kondisi kesehatan JCH sekaligus sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit saat menjalankan ibadah haji.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Nova Hendriani, SKM, MM mengatakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru-paru para JCH dilakukan menggunakan metode rockport.

Dijelaskan Nova, setiap tahunnya ada lebih kurang dua pertiga JCH Indonesia termasuk dalam kelompok resiko tinggi, dan mereka adalah yang berusia diatas 60 tahun dan memiliki penyakit bawaan sejak dari tanah air.

“Jamaah haji yang hadir dan mengikuti pengecekan kebugaran ini semuanya nampak bersemangat dan benar-benar ingin menjaga kesehatannya saat di Arab Saudi nanti,” kata Nova.Ditambahkan Nova, sebelum melakukan pengukuran, para peserta diperiksa kesehatannya terlebih dulu oleh tim dari Dinas Kesehatan, selanjutnya setiap peserta diminta untuk berjalan cepat atau berlari kecil secara konstan sejauh 50 meter.

Capaian waktu tempuh setiap jamaah dicatat oleh petugas dan akan dikategorikan menjadi lima level kata Nova, yaitu baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali.

“Bagi yang hasilnya kurang, maka akan direkomendasikan untuk melakukan latihan fisik yang disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatannya,” ujar Nova.

Seusai melakukan pengukuran kebugaran kepada JCH, dilakukan juga bimbingan dan penyuluhan kesehatan yang disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Samsul Ma’arif, SKM, M. Kes.

“Kepada Jemaah Calon Haji agar menjaga kondisi kesehatan dan praktik perilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal yang penting untuk membekali jemaah haji menjelang waktu keberangkatan menuju Arab Saudi,” tutup Ma’arif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here