Wakil Ketua Fraksi NasDem Pertanyakan Penghapusan UPTD Disdik BU

0
61

Selasa, 25 Juni 2019
Pewarta : Herman Eryudi

KONTRAS BENGKULU UTARA – Rapat kerja / hearing hari kedua antara legislatif dan eksekutif dengan agenda membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 yang nota pengantarnya disampaikan Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian Senin 17 Juni lalu sempat menuai pertanyaan dari beberapa anggota dewan.

Hearing yang dilaksanakan pada Selasa (25/6/2019) diruang rapat paripurna DPRD BU sarat pertanyaan yang dilontarkan oleh Wakil Ketua Faksi Partai NasDem, Slamet Waluyo Sucipto, SH terkait penghapusan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkulu Utara.

Disampaikan oleh Selamet Waluyo, selain tidak adanya pemberitahuan terkait penghapusan UPTD Pendidikan di Disdik, anggaran yang di gelontorkanpun terlihat sia-sia. Sebab, beberapa aset berupa bangunan saat ini kondisinya terbengkalai.

Selain itu, Slamet turut mempertanyakan regulasi maupun aturan yang di jadikan patokan atau acuan eksekutif  terkait penghapusan UPTD di Disdik. Yang mana, pertanyaan tersebut juga turut dilontarkan oleh Sekretaris Fraksi PKPI, Fitra Martin.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Haryadi, selaku ketua tim eksekuif menyampaikan, adanya penghapusan UPTD berdasarkan  Permendagri No 12 Tahun 2017. UPTD dihapuskan dan di ganti dengan Istilah Koordinator Wilayah (Korwil), status jabatan yang baru adalah pegawai fungsional yang di tunjuk langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik).

Turut dijelaskan oleh Kadisdik, Margono, SPd terkait penghapusan UPTD berdasarkan isi dari Permendagri 12 tahun 2017 mengatakan bahwasanya UPTD tidak bersifat tekhnis, sehingga dapat di hapuskan dan di ganti dengan Korwil. Dan untuk penghapusan UPTD di Disdik  telah di koordinasikan dengan bagian Ortala dan BKPSDM.

Hearing yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Bengkulu Utara ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD BU, Bambang Irawan, ST. M.Hum dan Wakil Ketua II, Agus Riyadi, S.Si bersama pihak eksekutif yang dipimpin Sekkab BU, Dr. Haryadi SPd. MM. MSi bersama Asisten dan kepala OPD. (ADVERTORIAL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here