56 Anggota Panwascam Se-Kabupaten Bengkulu Utara Resmi Dilantik

0
299

BENGKULU UTARA, kontrastoday.com Sebanyak 56 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dari 19 kecamatan se-Kabupaten Bengkulu Utara resmi dilantik.

Ke 56 anggota Panwascam ini dilantik langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Utara, Titin Sumarni, SH pada Senin (23/12/2019) di aula Universitas Ratu Samban Arga Makmur.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian dalam kesempatannya menyampaikan, pemerintah daerah merasa bangga dan mengapresiasi atas kerja cepat, kerja paralel yang dibuat Bawaslu yang pada hari ini melantik para panwascam yang ada di 19 kecamatan.

“Sinergisitas yang seperti inilah yang harus kita pupuk secara berkesinambungan, tugas pemerintah daerah tentunya tetap memfasilitasi kemudian membantu dan memberi daya dukung seoptimal mungkin sesuai dengan regulasi aturan, dan sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah daerah,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, pesta demokrasi ini adalah kondisi kontestual kearifan lokal untuk pilkada sekaligus juga aturan-aturan tetap kita pegang teguh sesuai dengan regulasi yang ada.

Saya yakin betul karena hampir keseluruhan anggota panwascam asalah sosok-sosok milenial, pastilah ketangguhannya sekaligus integritasnya, inovatif dan kreatifitasnya bisa terukur dan bisa memikirkan bahwa harus ada semangat-semangat ke arah yang lebih baik, tetapi jangan kebablasan, kata Bupati Mian.

“Yang paling utama adalah sosilisasi dan pencegahan, mengedepankan pencegahan, cegah tangkal dini sebelum terjadi penyimpangan menjadi sangat baik untuk bisa dilaksanakan,” kata Mian.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Bengkulu Utara dalam sambutannya membacakan pidato tertulis Ketua Bawaslu RI, Abhan, SH, MH menyampaikan ucapan selamat kepada anggota panwascam pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2020 yang baru dilantik.

“Saudara-saudara adalah orang-orang yang terpilih yang mengemban amanah ini,” ucap Titin.

Dikatakan Titin, bimbingan teknis untuk panwascam menjadi bagian terpenting bagi upaya Bawaslu untuk mempersiapkan anggota panwascam yang mampu mengawal terselenggaranya pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2020 yang demokratis dan sesuai prinsip-prinsip penyelenggara pemilihan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016.

“Anggota panwascam dituntut memahami tugas, wewenang dan kewajiban yang diatur dalam undang-undang, anggota panwascam memiliki peran penting dalam berjalannya tugas wewenang di setiap tahapan pemilihan,” ujar Titin.

Dijelaskan Titin, selain memahami tugas wewenang dan kewajiban, anggota panwascam juga diharapkan memahami dan memperhatikan kode etik dan berpedoman pada prilaku penyelenggara pemilu, hanya dengan menjaga kode etik dan pedoman prilaku bahwa Bawaslu dapat dijunjung tinggi.

“Akhirnya selamat mengikuti bimtek dan menjalankan tugas bagi semua anggota panwascam pemilihan gubernur, bulati dan walikota tahun 2020, semoga Allah meluruskan langkah kita dan memberi kekuatan kepada kita semua dalam menjalankan amanah yang berat ini,” pungkas Titin.

Hadir dalam acara pelantikan panwascam tersebut
Bupati Bengkulu Utara, Kajari, Kapolres, Dandim 0423, Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ketua KPU, Para Camat, serta undangan lainnya.

Editor :
redaksi kontrastoday.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here