Bupati Mian Harapkan Pihak Perusahaan Berperan Serta Bangun Bengkulu Utara

0
220
Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian menandatangani MoU dengan perusahaan pelaksana TJSLP

KONTRASTODAY.COM, Bengkulu Utara Otonomi daerah telah membuka peluang bagi pemerintah daerah Bengkulu Utara untuk mengembangkan kebijakan lokal secara bijaksana. Namun implementasi kebijakan tersebut belum maksimal diterapkan karena tidak diiringi dengan kapasitas sumber daya manusia dan finansial yang memadai. Dengan demikian banyak terjadi keterlambatan dalam pembangunan terutama pembangunan infrastruktur.

Oleh karena itu pemerintah daerah perlu mencari solusi atas persoalan tersebut dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait dalam pelaksanaan pembangunan, misalnya pihak swasta.

Pemda Bengkulu Utara bentuk forum TJSLP

Keterlibatan pihak swasta ini memiliki peran penting untuk membantu pemerintah mengingat tidak semua aktivitas pembangunan mampu dikerjakan oleh pemerintah sendiri terutama dalam hal ketersediaan skill SDM dan finansial sehingga perlu keterlibatan pihak swasta. Bentuk kerjasama yang melibatkan pihak swasta ini melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Di tahun 2018, dilaksanakan rapat Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Kabupaten Bengkulu Utara dan Penyerahan Penghargaan Terbaik Perusahaan Pelaksana Kegiatan TJSLP tahun 2018 digelar Senin 17 Desember di Balai Daerah Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam rapat yang sebelumnya dibuka oleh Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian, kepala Bappeda, Ir. Siti Qoriah Risydiana dalam laporannya mengatakan terdapat kemajuan, dimana ada 11 perusahaan (18,96%) yang melakukan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani antara pemerintah Bengkulu Utara dan perusahaan pelaksana TJSLP.

Sementara data hingga tanggal 17 Desember 2018, terdapat 22 perusahaan (37,93%) yang telah menyampaikan laporan keuangan kepada Sekretariat Forum TJSLP dan 16  perusahaan (27,58%) yang telah menyampaikan laporan pelaksanaan TJSLP Semester I Tahun 2018.

“Meskipun sudah ada progres positif, namun kita semua pengurus Forum TJSLP harus bekerja keras agar pelaksanaan TJSLP dapat bertambah baik pada tahun mendatang. Untuk Tahun 2019, Sekretariat Forum TJSLP telah mengirimkan short-list Program Kegiatan TJSLP Tahun 2019 pada bulan September 2018 kepada semua perusahaan. Harapannya pada rapat kita hari ini dapat menyetujui program kegiatan tahun 2019 dan perusahaan dapat menganggarkannya pada RKAB perusahaan tahun 2019,” ujar Siti Qoriah.

Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian dalam arahannya, mengapresiasi pelaksanaan TJSLP Kabupaten Bengkulu Utara di tahun 2018 dimana merupakan tahun pertama pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

“Pada tahun-tahun mendatang diharapkan perusahaan meningkatkan peransertanya dalam pembangunan Kabupaten Bengkulu Utara melalui pelaksanaan kegiatan TJSLP,” kata Bupati Mian.

Rapat Forum TJSLP Kabupaten Bengkulu Utara diantaranya menyepakati bahwa setiap perusahaan akan menyampaikan daftar short-list kegiatan yang dipilih dan penyampaian laporan keuangan perusahaan tahun 2018 paling lambat tanggal 31 Januari 2019. selain itu juga terdapat beberapa perusahaan yang telah menyampaikan komitmen short-list pelaksanaan kegiatan TJSLP tahun 2019 diantaranya adalah PT. Titan Wijaya, PT. Firman Ketahun, PT. Indonesia Riau Sri Avantika, PT. Sandabi Indah Lestari, PT. Agricinal, dan PT. Air Muring. (ADVERTORIAL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here