advetorialBengkulu UtaraDaerah

Dinas TPHP BU Gelar Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu di Padang Jaya

177
×

Dinas TPHP BU Gelar Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu di Padang Jaya

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM Guna mewujudkan status kesehatan hewan yang optimal, salah satu program dari rangkaian kegiatan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkulu Utara yaitu kegiatan pelayanan kesehatan hewan terpadu.

Kepala Dinas TPHP BU, Kuasa Barus, S.Pt Menyebut, pentingnya kesehatan hewan sama artinya dengan pentingnya upaya meningkatkan kesejahteraan peternak dan perlindungan keselamatan manusia dari infeksi penyakit zoonosis.

Ditegaskannya, terwujudnya status kesehatan hewan yang optimal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberhasilan program pembangunan sektor peternakan. Untuk itu Dinas TPHP BU melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan terpadu di Desa Sido Luhur, Kecamatan Padang Jaya, pada Kamis, 24 November 2022

Kegiatan tersebut, kata dia, melibatkan petugas medik veteriner, paramedik veteriner, petugas Inseminasi Buatan (IB) dan penyuluh pertanian. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara dalam upaya peningkatan status kesehatan hewan khususnya dalam melayani masyarakat peternak.

Adapun pelayanan Kesehatan hewan yang dilakukan meliputi pemberian multivitamin pada temak yang sehat, penanganan dan pengobatan pada hewan yang sakit, pelayanan penanganan reproduksi ternak seperti pemeriksaan kebuntingan dan kemajiran ternak, pemberian obat cacing serta pelayanan vaksinasi rabies bagi hewan penular rabies (HPR) seperti kucing, anjing dan kera.

“Seluruh kegiatan tersebut dilakukan secara gratis dan tanpa dipungut biaya apapun. Masyarakat Desa Sido Luhur menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan ini yang dibuktikan dengan telah diberikan pelayanan Kesehatan terhadap lebih dari 120 ekor sapi dan 50 ekor hewan penular rabies telah divaksin,” katanya.

Meskipun mendapat tantangan yang berat akibat mewahahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara terus berkomitmen dalam upaya peningkatan status kesehatan hewan khususnya dalam melayani masyarakat peternak.

“Semoga ditahun 2023 kegiatan pelayanan kesehatan hewan terpadu ini dapat ditingkatkan dari segi jumlah pelayanan bagi masyarakat dan menjangkau keseluruh wilayah di Kabupaten Bengkulu Utara,” ucapnya. [**]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *