advetorialBengkulu UtaraBeritaDaerahNasional`

Bappelitbangda Bengkulu Utara Gelar Rapat Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Tahun 2024 – 2026

208
×

Bappelitbangda Bengkulu Utara Gelar Rapat Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Tahun 2024 – 2026

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Rapat Pengarahan dan Pembahasan Teknis Penyusunan Draf Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2024-2026 di ruang rapat Bappelitbangda, Kamis (07/12/2023).

Penyusunan RAD-PG merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menyusun rencana aksi pangan dan gizi setiap lima tahun. Selanjutnya dijelaskan lebih rinci dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2017 tentang Kebijakan Strategis Pangan dan Gizi bahwa Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RAN-PG) ditetapkan oleh menteri/kepala lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional, dan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) provinsi atau RAD-PG kabupaten/kota ditetapkan oleh kepala daerah sesuai kebutuhan serta kewenangan masing-masing.

Aksi penajaman dalam penyusunan RAD – PG dikelompokan kedalam 4 tujuan strategis yaitu: (1) Peningkatan Ketersediaan Pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman; (2) Peningkatan Keterjangkauan Pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman; (3) Peningkatan Pemanfaatan Pangan dan Pelayanan Gizi (Esensial); (4) Penguatan Kelembagaan dan Tata Kelola Pangan dan Gizi. Mengingat pentingnya keberadaan RAD- PG di dalam mencapai ketahanan pangan dan gizi, Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan pedoman penyusunan RAD-PG secara baik. [ADV]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *