Bengkulu TengahBengkulu UtaraHeadlineHukum dan Kriminal

Korupsi DD, Kades Karang Tinggi Ditetapkan Sebagai Tersangka

333
×

Korupsi DD, Kades Karang Tinggi Ditetapkan Sebagai Tersangka

Sebarkan artikel ini

Kamis, 23 Agustus 2018
PEWARTA : HERMAN

BENGKULU UTARA – Kepala Desa Karang Tinggi  Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), berinisial Mw (44 tahun) pada hari ini Kamis (23/8) resmi ditetapkan sebagai tersangka, atas perbuatannya telah merugikan Keuangan Negara (KN), yang dilakukannya pada pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari APBDes tahun anggaran 2016.

Dia sebelumnya menjalani pemeriksaan sabagai saksi atas dugaan penyelewengan pengelolaan DD di desanya. Dari hasil pemeriksaan ditemukan kerugian Negara sebesar Rp 135,8 Juta (Rp. 135.864.834). Setelah diperoleh bukti bahwa terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukannya selaku Kades adalah fiktif, polisi mengalihkan statusnya dari saksi menjadi tersangka.

“Dia (Kades Karang Tinggi-red) tidak mengelola keuangan desa secara transparan dan akuntabel serta tertib dan disiplin anggaran,” kata Kapolres BU, AKBP Ariefaldi WN, SH, SIk, MM, melalui Kasat Reskrim AKP M Jufri SIk, kamis (23/8).

Diuraikan oleh Kasat, antara lain, tidak melakukan belanja pakaian dinas perangkat desa dan atribut. Kemudian, penyertaan modal BUMDes Fiktif, ditambah lagi tidak membayar honorium Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD). Selain itu kegiatan pembukaan jalan lingkungan, dan pembangunan gedung PAUD tidak selesai dilaksanakan.

“Dimana pengelolaan seluruh anggaran tersebut dikelola langsung oleh kades,” tegas Kasat, sembari menyebutkan, tersangka telah melanggar pasa (2) Subsidair pasal (3) UU RI no. 31/1999 jo UU RI No. 20/2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *