Bengkulu UtaraHeadline

Polemik BUMDes Lubuk Saung Terkuak, Ujang Wahidi Minta Maaf

474
×

Polemik BUMDes Lubuk Saung Terkuak, Ujang Wahidi Minta Maaf

Sebarkan artikel ini
Foto : Kedua BPD, Kadi Ismanto (kiri) dan Ujang Wahidi (kanan)

Selasa, 6 November 2018
Pewarta : Herman

BENGKULU UTARA – Tudingan Ujang Wahidi bahwa Ketua BUMDes Saung Jaya, Desa Lubuk Saung, Kecamatan Arga Makmur, telah menggunakan dana BUMDes untuk menjalankan usaha pribadi dibantah oleh Kades Lubuk Saung. Menurut Kades semua program di desanya tidak ada yang menyimpang dan alokasi dana juga telah terarah sesuai dengan hasil musyawarah. Bantahan Kades tersebut bahkan diperkuat pula oleh penjelasan Ketua BPD setempat, Kadi Ismanto.

Kepada awak kontrastoday.com, Kadi Ismanto memaparkan, dia bersama dengan Bendahara Keuangan Desa memang diundang oleh Ketua BUMDes kerumahnya, karena Kepala Desa saat itu berhalangan hadir, maka diwakili oleh Sekdes.

“Dalam pertemuan itu, Manager BUMDes menyampaikan kepada kami bertiga, bahwa uang BUMDes sudah cair, sekarang sedang menyusun laporan. Dia ketika itu mengingatkan kesepakatan ide bersama yang pernah disampaikan sebelumnya, yakni membuat usaha perdagangan ayam, bekerjasama dengan pihak perusahaan,” kata Kadi.

Teknis pelaksanaannya kata Kadi, nantinya pihak BUMDes akan membeli ayam ke perusahaan menggunakan Delivery Order (DO) atas nama BUMDes. Kemudian akan disisihkan keuntungan sebesar Rp 200 rupiah dari setiap kilogram.

“Tahun 2017 BUMDes Saung Jaya sudah ada notulennya, saat itu Ujang Wahidi hadir dan absennya ada, mengesahkan bahwa manager BUMDes dan usahanya tertera tahun 2017 adalah perdagangan ayam. Setelah tiga kali membeli dan mengirim ayam, berhasil mendapat keuntungan untuk BUMDes sebesar Rp 1,4 Juta,” papar Kadi.

Mendapatkan penjelasan Kades serta Ketua BPD Lubuk Saung tersebut, Ujang Wahidi meradang dan meminta maaf. Lantaran sebelumnya ia menggebu-gebu menyatakan ada kejanggalan dalam pengelolaan dan pengalokasian Dana BUMDes, yakni digunakan untuk usaha pribadi.

“Saya minta maaf atas ungkapam saya dalam pemberitaan sebelumnya. Saya senang jika program di desa diketahui oleh masyarakat melalui musyawarah,” kata Ujang Wahidi.

Baca juga : Kades Bantah, Ketua BUMDes Gunakan Dana Untuk Usaha Pribadi

Dan Artikel Terkait sebelumnya : Ketua BUMDes Lubuk Saung Dituding Gunakan Dana Untuk Usaha Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *