Kena Pelebaran Jalan, 35 Makam di TPU Gunung Agung Bakal Dipindahkan

0
116

KONTRASTODAY.COM Bengkulu Utara – Sebanyak 35 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Gunung Agung bakal dipindahkan. Pemindahan tersebut dilakukan karena makam-makam tersebut terkena dampak proyek Peningkatan Jalan Gunung Agung – Gunung Selan yang akan dilakukan pelebaran tahun ini.

Kegiatan Peningkatan Jalan Gunung Agung – Gunung Selan di Dinas PUPR Bengkulu Utara sepanjang dua jalur ini akan dilaksanakan Cv. Jaya Mahkota dengan nilai kontrak Rp.4.856.727.324,60,-

Penjabat Kepala Desa Gunung Agung, Suprapto seperti dikutip dari inibengkulu.com, Jumat (2/8/2019) menjelaskan, upaya tersebut menindaklanjuti Surat dari Dinas PUPR Bengkulu Utara tentang Kegiatan Peningkatan Jalan Gunung Agung-Gunung Selan TA 2019.

“Belum lama ini sudah dilakukan survei ke lokasi dan memang benar TPU Desa kita kena dampak pelebaran tersebut lebar 2 m dan panjang lebih kurang 100 m dan sudah kami hitung bersama Imam masjid kena 35 makam,” bebernya.

Sebagian keluarga pemilik makam telah datang ke kantor desa untuk dilakukan pendataan. Selebihnya belum terdata mungkin pihak keluarga bertempat tinggal di luar wilayah Argamakmur.

“Kami menghimbau kepada keluarga pemilik 35 makam tersebut untuk mendatangi kantor desa agar dapat didata, dan musyawarah bersama soal rencana pemindahan makam,” imbuhnya.

Suprapto menambahkan, pemindahan makam belum terjadwalkan karena perlu kesiapan dan keputusan bersama melalui musyawarah. Dikarenakan biaya gali makam hingga penguburan kembali, pembuatan batu nisan dan doa tidak dianggarkan di dana desa.

“Sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah, kita memfasilitasi dan menjembatani antara Dinas PU dengan masyarakat desa termasuk penghibah tanah untuk TPU tersebut, supaya ditemukan solusi terbaik untuk kemajuan Kabupaten Bengkulu Utara,” pungkasnya. (man27)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here