Kiat Bupati Mian Tingkatkan Ekonomi Masyarakat dan Kurangi Angka Kemiskinan

0
237

KONTRASTODAY.COM, Bengkulu Utara Empat tahun kepemimpinan Ir H Mian sebagai Bupati Bengkulu Utara sejak dilantik 17 Februari 2016 lalu, ekonomi masyarakat pedesaan terus meningkat. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus melakukan pembinaan dan membuka peluang usaha kerakyatan.

Kepada Dinas DPMD, Ir Budi Sampurno di dampingi Kabid Pembagunan Pengembangan Ekonomi Desa (PPED), Yos Sudarso menjelaskan, untuk mengembangkan Program Pemerintah daerah di era Bupati Ir H Mian ini, pihaknya terus melakukan pembinaan dan pengembangan usaha desa, sesuai dengan komiditi unggulan di desa-desa tersebut melalui kelompok ibu-ibu ramah tangga.

“Pihak kita terus membina dan mengembangkan usaha-usaha pedesaan melalui kelompok ibu rumah tangga, untuk menopang kemajuan ekonomi masyarakat itu sendiri,” jelas Budi.

Dikatakan Budi, beberapa program telah berjalan dengan sukses, tinggal lagi melakukan pengembangan usahanya. Beberapa contoh telah kita lakukan diantaranya usaha industri rumah tangga yang di kelola oleh ibu-ibu rumah tangga, seperti usaha bubuk kopi, usaha emping melinjo, usaha ikan crispy, usaha bubuk jahe, dan beberapa usaha lainnya yang sedang dilakukan pengembangan di desa-desa.

Lanjut Budi, hasil usaha tersebut sudah di pasarkan sampai keluar daerah, baik nasional maupun dipasar internasional. Tujuan utama pihak pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Tujuan pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi masyarkat dan mengurangi angka kemiskinan, melalui usaha kelompok rumah tangga di pedesan. Salah satu contoh usaha produksi emping melinjo di Desa Selubuk Kecamata Air Napal, semula anggotanya hanya 20 orang ibu rumah tangga, hasil pembinaan dan arahan pengembangan pihak kita kini karyawannya sudah mencapai 105 orang ibu-ibu rumahtanga yang menopangi ekonomi keluarganya,” kata Budi.

Budi optimis lima tahun kedepan usaha rumah tangga pedesaan di Kabupaten Bengkulu Utara akan berkembang pesat, jika komoditi dan potensi desa yang ada bisa dimanfaatkan dan di kelola dengan baik. (man27).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here