Era Mian – Arie Pelayananan Perizinan Dan Kependudukan Dipermudah

0
97

KONTRASTODAY.COM, Bengkulu Utara Pemerintahan Ir H Mian- Arie Septia Adinata SE, M.AP punya strategi peningkatan pelayanan publik, persentase kinerja paslon MARI Jilid II tersebut memang layak kembali memimpin Kabupaten Bengkulu Utara.

Dikutip dari capaian tersebut, strategi perizinan dan kependudukan capil, punya beberapa pola. Pertama, memantapkan pelayanan publik berbasis online yang transparan dan memberikan kepastian.

Kedua, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat.

Ke tiga, untuk pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dilakukan jemput bola dengan pelayanan mobil keliling ke kecamatan, pasar, sekolah, dan lain lain.

Data pelayanan perizinan menunjukkan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas layanan perizinan terus meningkat dari 75,9 tahun 2016 menjadi 84,34 tahun 2019. Pelayanan perizinan dari perizinan manual beralih ke perizinan melalui online. Tahun 2016, 100 persen
perizinan secara manual, dan tahun 2020 sebanyak 94,81 persen perizinan online melalui aplikasi SICANTIK dan OSS dan 5,19 persen perizinan secara manual.

Tidak hanya itu, untuk capaian Pelayanan Kependudukan dan Capil 100 persen penduduk yang telah memiliki KK, persentase kepemilikan KTP sebanyak 98,50 persen, persentase kepemilikan KIA 34,36 persen dan persentase kepemilikan akta kelahiran sebesar 39,10 persen. Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah 86 persen. [man27]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here