Jembatan Terancam Runtuh, Dewan Minta Dinas PUPR Provinsi Segera Turun

0
72

KONTRASTODAY.COM Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali, S.Sos, MM mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari warga terkait kondisi jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Talang Rendah dengan Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara yang dikhawatirkan amblas akibat terkikis aliran sungai.

“Bahkan saya sudah turun ke lokasi, dimana jalan yang dimaksud merupakan jalan provinsi ruas Kerkap-Lubuk Durian-Arga Makmur, tepatnya antara Desa Talang Rendah dengan Pematang Balam,” ujarnya.

Menurutnya, badan sungai tergerus sangat parah sewaktu banjir bandang yang melanda beberapa waktu lalu. Dimana akibat bencana tersebut 14 warga setempat terdampak.

“Sungai itu berbentuk L, jadi air dari hulu terlebih dahulu menghantam bibir sungai yang dekat dengan badan jalan dan jembatan. Setelah itu baru air sungai hanyut ke hilir,” terang Tantawi.

Dilanjutkannya, kalau tidak ditangani segera, bisa-bisa nantinya pada saat banjir kembali melanda, jalan benar-benar terputus dan aliran sungai berpindah.

“Ketika jalan sudah terputus, maka juga bisa menyebabkan jembatan didekatnya juga runtuh. Makanya kita minta penanganan segera walaupun masih bersifat penanggulangan terlebih dahulu,” tegas Politisi Partai NasDem ini.

Lebih jauh dikatakan Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi ini, penanggulangan sementara mungkin bisa dengan pembangunan beronjong.

“Namun untuk secara permanen harus dengan pelapis tebing. Panjang yang terancam longsor itu sekitar 30 meter dengan ketinggian 5 meter. Kita minta Dinas PUPR provinsi dapat segera turun mengeceknya,” singkat anggota DPRD Provinsi Dapil Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah ini. [ADV]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here