Desa Datar Ruyung Kecamatan Arga Makmur Jadi Contoh Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

KONTRASTODAY.COM, Bengkulu Utara Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI, Elvi Hendrani melakukan kunjungan kerja ke Desa Datar Ruyung Kecamatan Kota Arga Makmur dalam kegiatan Rembuk Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Rabu (01/06/22).

Desa Datar Ruyung Kecamatan Arga Makmur merupakan salah satu dari dua desa di Kabupaten Bengkulu Utara yang menjadi pilot project Kementerian Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak RI sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

Elvi Hendrani dalam sambutannya menyampaikan, apa yang membuatnya hadir di Desa Datar Ruyung, pertama ingin membantu desa ini seperti arahan Presiden bahwa pembangunan dimulai dari desa.

“Dengan melibatkan perempuan dan anak lebih aktif lagi dalm pembangunan desa tentu saja pembangunan akan lebih cepat lagi berkembangnya dan mencapai sasarannya. Artinya perempuan dan anak selain menjadi objek atau sasaran target kegiatan juga menjadi pelaku dari kegiatan itu sendiri,” ungkapnya.

Kemudian bagaiman caranya kata Elvi Hendrani, ada sepuluh indikator yang menjadi target sasaran keinginan kita bersama untuk meningkatkan pembangunan di desa. Salah satunya bagaimana wira usaha yang ada di desa ini dan dikelola oleh perempuan itu lebih dapat ditingkatkan.

“Kalau perempuan termasuk perempuan kepala rumah tangga dapat membantu perekonomian keluarganya maka insya Allah ekonomi keluarga semakin kuat. Ekonomi keluarga yang semakin kuat akan semakin mudah menunjang gizi anak, kesehatan, dan pendidikan,” terang Elvi.

Camat Kota Arga Makmur, Syarifuddin, SST, MSi diacara yang sama mengungkapkan kehadiran ibu Deputi merupakan kehadiran yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita, kehadiran-kehadiran pejabat republik seperti ini yang berada di pusat hadir di daerah yang bisa memberikan semangat tersendiri bagi kita.

“Kita berharap Desa Datar Ruyung bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya, tidak banyak di Kabupaten Bengkulu Utara ada dua desa yang menjadi contoh yang di komitmenkan akan menjadi contoh bagaimana perlindungan perempuan dan anak bagi desa-desa lain,” ujar Camat.

Ditempat dan acara yang sama Kepala Desa Datar Ruyung, Herman Robin atas nama pemerintah desa dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan ibu Elvi Hendrani yang merupakan penghargaan tak ternilai bagi masyarakat Desa Datar Ruyung.

“Kami sangat berharap kegiatan yang dilaksanakan hari ini tidak terputus sampai disini, kami memohon do’a dan restunya kami bisa membawa sepuluh orang aktivis kami ini berangkat ke tempat ibu di Kementerian PPPA dan membahas kembali kegiatan yang kita adakan hari ini,” harap Kades Datar Ruyung.

Selain itu Kepala Desa Datar Ruyung juga menyampaika ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Bengkulu dan Kepala Dinas PPPA Kabupateng Bengkulu Utara, tim relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) yang telah menunjuk Desa Datar Ruyung sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Turut hadir dalam kegiatan itu Babhinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD dan anggota, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta undangan lainnya.

Redaksi Kontrastoday.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.