DaerahRagamRejang Lebong

Penderita Diabetes di Rejang Lebong Tercatat 3 Ribu Lebih

358
×

Penderita Diabetes di Rejang Lebong Tercatat 3 Ribu Lebih

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM – Jumlah warga penderita diabetes di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sepanjang Januari-Oktober 2022 tercatat sebanyak 3.225 orang. Angka tersebut merupakan hasil yang diperoleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan laporan dari seluruh Puskesmas didaerah itu.

“Keberadaan mereka ini diketahui dari laporan 21 puskesmas dan RSUD Rejang Lebong yang diberikan setiap bulannya,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Rephi Meido Satria di Rejang Lebong, Kamis (3/11).

Dia menjelaskan jumlah warga setempat terdeteksi menderita diabetes ini sudah hampir mendekati angka sasaran yang diperkirakan pada awal tahun 2022 sebanyak 3.872 orang.

Para penderita diabetes ini, kata dia, melakukan pemeriksaan kadar gula di 21 puskesmas tersebar di 15 kecamatan maupun di RSUD Rejang Lebong dengan umur sasaran 15 tahun hingga warga lanjut usia (lansia).

Pemeriksaan ini juga dilakukan oleh kader kesehatan dalam kegiatan posbindu PTM (pos binaan terpadu penyakit tidak menular) tersebar dalam 184 posbindu PTM, di mana kegiatan ini berupa pemeriksaan gula darah, tensi darah, kolesterol, dan asam urat.

“Selama ini sudah program Prolanis (Pengelolaan Penyakit Kronis) dari BPJS Kesehatan yang memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bagi penderita diabetes dan hipertensi,” katanya. [**]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *