advetorialBengkulu UtaraDaerah

Dinas TPHP BU Bagikan Ratusan Unit Alsintan ke Petani

200
×

Dinas TPHP BU Bagikan Ratusan Unit Alsintan ke Petani

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM  Guna mendukung dan sebagai upaya pemerintah mewujudkan ketahanan pangan di daerah, Dinas  Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkulu Utara membagikan ratusan unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Hand Sprayer dan Cultivator kepada petani.

Kepala Dinas TPHP BU, Kuasa Barus, S.Pt melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, H. Juwita Abadi, SP menyebutkan, Alsintan tersebut dibagikan kepada 67 kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan se Kabupaten Bengkulu Utara.

Dia juga mengatakan, pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian, mengingat fungsi dan perannya dalam penyediaan pangan bagi penduduk pakan dan energi, serta tempat bergantungnya mata pencaharian penduduk di perdesaan.

“Sebagai bentuk keseriusan dan dukungan Pemkab BU dalam mendukung ketahanan pangan dan pemanfaatan pekarangan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara dalam waktu dekat ini akan membagikan alsintan berupa 173 unit Hand Sprayer dan 20 unit cultivator,” ucap H Juwita, Kamis 01/12/2022.

Diharapkan, dengan dibagikannya alsintan tersebut diharapkan akan mampu memberi manfaat bagi kelompok tani dalam usaha tani.

“Selama ini petani dalam pengelolaan lahan pekarangan dan lahan pertanian lainnya masih menggunakan cangkul, maka dengan dibagikannya alsintan cultivator, maka kelompok tani akan lebih mudah dan waktu yang lebih efisien dalam pengolahan tanah sehingga biaya produksi dapat ditekan,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *