advetorialBengkulu Utara

Dukcapil Bengkulu Utara Terapkan Digitalisasi Data Kependudukan

349
×

Dukcapil Bengkulu Utara Terapkan Digitalisasi Data Kependudukan

Sebarkan artikel ini

KONTRASTODAY.COM – Pengadministrasian data penduduk secara akurat dan komprehensif bukanlah pekerjaan mudah. Oleh karenanya Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara melakukan inovasi dalam menangani administrasi kependudukan di daerah itu.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkulu Utara, Suwanto, SH, M.Ap menyebutkan, Ditjen Dukcapil telah menerapkan digitalisasi data kependudukan atau lebih dikenal Dukcapil Go Digital yang sebelumnya telah dilaunching pada Februari 2019 lalu.

“Kecenderungan kemajuan dunia pada teknologi digital, mesti diikuti. Sebab, digitalisasi data akan membuat pelayanan administrasi kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien,” kata Suwanto, Senin (10/04.2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, arsip data kependudukan yang valid menjadi tantangan krusial, karena merupakan salah satu indikator kemajuan bangsa, dengan data kependudukan yang otentik.

Ditegaskannya, data kependudukan saat ini sudah begitu lekat dengan keseharian hidup masyarakat. Pada saat ini, masyarakat bergerak kemanapun, senantiasa tak lepas dari identitas pribadi yang khas dan tak tergantikan.

“Identitas pribadi ini, dicerminkan dengan NIK berupa nomor induk kependudukan, yang diberikan kepada penduduk saat lahir dan berlaku seumur hidup. NIK bersifat tetap walaupun penduduk berpindah alamat,” ucapnya.

Saat ini kita sudah masuk dalam era digitalisasi dimana tenaga konvensional sedikit demi sedikit akan dikurangi seiring tuntutan zaman, begitu pula Dinas kependudukan dan pencatatan sipil harus Go Digital.

“Untuk itu dalam penerapannya dinas Dukcapil berusaha terus meningkatkan capaian IKD (Identitas Kependudukan Digital) yang berbasis dengan Adroid atau Smart Phone,” terang Dia.

Dalam penerapannya Dinas Dukcapil melaksanakan pelayan keliling ke sekolah, OPD dan Perangkat Desa serta tempat –tempat yang memungkinkan utuk dilakasanakan pelayanan IKD.

“IKD ini harus melalui penginstalan aplikasi Playstore nantinya pengguna akan dibantu aktivasi melalui barkode oleh petugas Dukcapil. Melalui IKD ini kita dapat mengakses tidak hanya KTP, KK ,KIA akan tetapi kita dapat mengakses NPWP, BPJS, Kartu Vaksin dan masih masih banyak lagi, sehingga masyarakat tidak perlu susah lagi untuk membawa kartu tersebut cukup hanya melalui SmartPhone,” pungkasnya. [ADV]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *