HeadlineKaur

Penduduk Bertambah, Jumlah Pemilih di Kabupaten Kaur Malah Menurun

318
×

Penduduk Bertambah, Jumlah Pemilih di Kabupaten Kaur Malah Menurun

Sebarkan artikel ini

Senin, 17 September 2018
PEWARTA : JHON

KAUR – Sekalipun jumlah penduduk di kabupaten Kaur meningkat, namun jumlah mata pilih sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diumumkan oleh KPU setempat pada rapat terbuka rekapitulasi DPT, di gedung SGS Senin (17/9) mengalami penurunan yang cukup mengejutkan.

Tidak diketahui penyebab penurunan angka DPT ini dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Tercatat pada pemilu yang lalu DPT sebanyak 90.926. Sedang DPT saat ini sejumlah 89.986. Terdiri dari 46.048 laki-laki dan 43.938 wanita.

Untuk itu KPU Kabupaten Kaur melalui salah seorang komisioner bagian validasi data, Sirus Legiayanti SPd mengatakan, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Daerah itu.

“Sejauh mana nantinya, tergantung pada data warga yang memiliki e-KTP. Sebab kendala dalam pendataan DPT ini, salah satunya disebabkan oleh banyaknya warga yang belum memilki e-KTP,” kata Sirus.

Dijelaskan oleh dia, perbaikan DPTHP di tingkat kabupaten/kota dalam pemilu 2019, berdasarkan ketentuan Pasal 32 peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018, tentang Penyusunan Daftar pemilih di dalam negeri.

“Kita juga berpedoman kepada surat edaran ketua KPU-RI, Nomor : 1033/PL.01.2-SD/01.KPU/IX .2018. Perihal Perbaikan DPT atas Rekomindasi Bawaslu dan Masukan Partai Politik dan peserta Pemilu saat Rapat Pleno terbuka saat itu,” kata Sirus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *