HeadlineMukomukoNasional`

Memasuki Propinsi Bengkulu, Kirab Satu Negeri Tiba di Mukomuko

254
×

Memasuki Propinsi Bengkulu, Kirab Satu Negeri Tiba di Mukomuko

Sebarkan artikel ini
Foto : Disadur dari TIM Indonesia

Jumat, 28 September 2018
PEWARTA : HERMAN

MUKOMUKO – Rombongan Kirab Satu Negeri Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang memulai perjalanannya dari Sabang, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), pada Kamis (27/9) memasuki propinsi Bengkulu. Tim yang mengusung bendera  Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini singgah di Kabupaten Mukomuko, sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Kota Bengkulu.

Agendanya, mereka akan menuju ke rumah kediaman Bung Karno, untuk menggelar kegiatan menjahit bendera merah putih yang akan diikuti oleh 1945 ibu-ibu di kediaman proklamator terbut di Jl. Sukarno-Hatta, Anggut Atas, Kota Bengkulu.

Bupati Mukomuko, Chairul Huda, dihadiri Ribuan warga nahdliyin dan jajaran Pemkab setempat turut menghadiri penyambutan. Kedatangan rombongan Kirab yang diketuai oleh Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Tengku Rahmad Solaiman dari Ranah Minang ini, melakukan penyerahan bendera secara simbolis kepada Bupati Mukomuko.

Bendera tersebut, kemudian diserah kepada Ketua PW GP Ansor Bengkulu, Muhammad Soleh. Setelah itu iring-iringan diarak menuju Kecamatan Penarik. Rencananya akan menggelar zikir kebangsaan dipimpin oleh Ketua Umum Majelis Dzikir Rijalul Ansor KH Mahfud Hamid.

Disebutkan oleh Ketua PW Ansor Bengkulu, Muhammad Soleh, Kirab ini digelar untuk memperkuat konsensus kebangsaan yang akhir-akhir ini ada dugaan akan dikoyak- koyak oleh sekelompok kecil masyarakat.

Selain dari Sabang, kata dia, tim kirab yang diberangkatkan serentak pada Minggu (16/9) lalu juga bertolak dari Nunukan (Kalimantan Utara), Miangas (Sulawesi Utara), Rote (NTT) dan Merauke (Papua). “Melalui Kirab Satu Negeri kita ingin mengokohkan konsensus kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI,” kata M. Soleh.

Sementara itu Bupati Mukomuko, Chairul Huda sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Kirab Satu Negeri. “Selamat datang di Kabupaten Mukomuko, kita mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” kata Chairul Huda, pada acara penyambutan di kediaman Bupati Mukomuko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *