HeadlineMukomuko

Diresmikan Serentak, Hakim Dari Malang Bakal Jadi Ketua PN Mukomuko

233
×

Diresmikan Serentak, Hakim Dari Malang Bakal Jadi Ketua PN Mukomuko

Sebarkan artikel ini
Foto, by : Diskominfo Mukomuko

Jumat, 19 Oktober 2018
Pewarta : Yadhi

MUKOMUKO – Dijadwalkan, pada Senin, 22 oktober 2018 ini, Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko akan diresmikan. Acara peresmiannya dilaksanakan secara serentak dengan 85 pengadilan baru se-Indonesia, di Malonguane Kabupaten Kepulauan Talaur, Provinsi Sulawesi Utara.

Sesuai dengan keputusan yang dimuat pada situs resmi Makamah Agung (MA), Ketua PN Mukomuko akan ditempati oleh Nur Kholis, SH, MH yang sebelumnya merupakan hakim di Pengadilan Negeri Malang, Jawa Timur.

Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH mengakui, ia sudah mendengar kabar penetapan pengadilan ini, namun dirinya belum menerima undangan resmi untuk menghadiri. Soal kepala pengadilan, kata dia, juga belum ada pemberitahuan ke daerah.

‘’Memang kabarnya peresmian disatu tempat se-Indonesia, tapi jadwalnya kapan kita belum tahu. Informasinya pihak pengadilan provinsi akan ke Mukomuko dalam waktu dekat,’’ kata Bupati.

Ungkapan berbeda disampaikan oleh Sekda Mukomuko, Drs. Marjohan. Dia mengaku, sampai sekarang belum menerima pemberitahuan resmi mengenai hal tersebut, apalagi soal ketua PN. Pada prinsipnya, kata dia, daerah menunggu. Sebab, kewenangannya ada pada MA.

“Belum ada pemberitahuan, apalagi sudah ditetapkan ketua PN. Jika benar, berarti Mukomuko akan miliki pengadilan, itu kabar baik untuk kita semua,” sambut Marjohan.

Diakuinya, usulan untuk pengadilan memang sudah lama disampaikan, bahkan sejak tahun lalu, pihak dari pengadilan tinggi (PT) Bengkulu atau PN Argamakmur sudah berulang kali datang membahas rencana ini.

Sebagai bentuk keseriusan daerah, lanjut dia, berbagai keperluan dan fasilitas seperti tempat sementara sudah disiapkan, namun disesuaikan dengan kemampuan daerah.

“Daerah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas sementara yang bisa dipakai oleh pihak pengadilan nantinya, menjelang dibangun gedung pengadilan yang baru,” kata Dia.

Seiring dengan itu, pemerintah daerah juga sudah ada persiapan untuk pembangunan Lapas. Lahan seluas 4 hektare akan dihibahkan ke MA. Lokasinya tidak jauh dari Polres Mukomuko.

“Selama ini kita jauh di Argamakmur, kalau sudah ada disini, maka sidang dan tahanan langsung disini, tidak perlu jauh-jauh lagi,” tegasnya.

Sumber : Media Center Diskominfo Mukomuko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *