Untuk Peremajaan Kebun Karet Petani, Segera Ajukan Proposal Ke Disbun BU

0
141
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Dinas Perkebunan BU, Tatang Suryadie, M.Si,

Sabtu, 13 April 2019
Pewarta : Admin

KONTRAS BENGKULU UTARA – Untuk meningkatkan produktifitas kebun karet petani yang sudah tua, tahun 2020 Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkulu Utara akan mendapat kucuran dana APBN yang dialokasikan untuk peremajaan kebun karet.

Plt Kepala Dinas Perkebunan BU, Sasman, SP melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan, Tatang Suryadie, M.Si, Jum’at (12/4/2019) mengatakan awal tahun 2020 mendatang dana untuk peremajaan kebun karet ini mulai dikucurkan.

“Kepada para petani kebun karet segera mungkin ajukan proposal kelompok tani mereka mulai sekarang yaitu 2019 ini,” katanya.

Dijelaskan Tatang, program ini sebagai salah satu komitmen pemerintah guna meningkatkan produktifitas kebun karet milik petani, dan ini merupakan peluang bagi petani karet yang ada di Bengkulu Utara.

“Untuk itu kebun karet petani yang masuk kategori tanaman tua atau rusak, segera ajukan proposal kelompok tani mereka,” jelas Tatang.

Tatang menambahkan, program ini hampir serupa dengan peremajaan sawit, nantinya petani akan mendapatkan bantuan dana sekitar 25 juta rupiah perhektarnya.

“Untuk 1 ha lahan, besaran dana sekitar 25 juta, selain itu ada juga bantuan berupa pupuk, racun hama dan beberapa kebutuhan pendukung lainya,” tambah Tatang.

Kata Tatang, sembari menunggu selama 4-5 tahun kebun karetnya sampai masa produksi, petani juga dapat memanfaatkan lahan perkebunannya untuk melakukan tumpang sari dengan menanam kopi, jagung, dan singkong.

“Dengan tumpang sari ini petani tetap mendapatkan pemasukan sembari menunggu kebun karet mereka berproduksi,” katanya.

Untuk mendapatkan subsidi peremajaan karet ini petani harus memiliki kelompok tani. Kemudian silahkan kelompok tani mengajukan bantuan kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkulu Utara. Bantuan nantinya akan diserahkan per-kelompok, bukan per-petani, pungkas Tatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here