Bengkulu UtaraDaerahHeadline

Peringati HUT Mahkamah Agung RI Ke-74, Pengadilan Agama Arga Makmur Gelar Apel Gabungan

735
×

Peringati HUT Mahkamah Agung RI Ke-74, Pengadilan Agama Arga Makmur Gelar Apel Gabungan

Sebarkan artikel ini

KONTRAS Bengkulu Utara – Pengadilan Agama Arga Makmur menggelar apel gabungan bersama Pengadilan Negeri Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara pada Senin (19/08/2019) pukul 08.00 wib di halaman kantor Pengadilan Agama Argamakmur. Apel gabungan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia (HUT MA RI) Ke-74.
“Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani” merupakan tema HUT Ke-74 Mahkamah Agung RI tahun 2019. Dalam apel gabungan tersebut bertindak sebagai pembina upacara Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur, Drs. Nasrulloh, SH yang sekaligus menyampaikan amanat tertulis Ketua Mahkamah Agung RI.

Seusai upacara, Nasrulloh menyampaikan bahwa upacara digelar berdasarkan tema yang sudah ditentukan. HUT Mahkamah Agung merupakan momen bersejarah. Mahkamah Agung telah menerbitkan Perma Nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik dan Aplikasi e-litigasi.
Dikatakan Nasrulloh, berkaitan dengan Elektronik dan Aplikasi e-litigasi, pihaknya menyampaikan pentingnnya aplikasi tersebut guna memberikan pelayanan terbaik, maka beliau menghimbau kepada jajarannya agar memahami hal itu.

“Karena kita selalu berkembang tentang soal masalah pelayanan aplikasi pengembangan tekhnologi di peradilan, diharapkan seluruh karyawan dan karyawati dapat memahami perkembangan tersebut dan jangan sampai ada alergi terhadap teknologi, karena ini sudah keharusan, dan wajib bagi aparat peradilan untuk menguasai hal itu,” kata Nasrulloh.
Nasrulloh juga menyampaikan bahwa salah satu perjuangan Mahkamah Agung dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan para pencari keadilan agar tidak lagi memandang peradilan itu lembaga yang mengerikan.

“Ini sebagai perjuangan Mahkamah Agung dalam rangka peningkatan pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan, sehingga tidak lagi memandang peradilan itu ekslusif atau tertutup ataupun lembaga yang mengerikan, tetapi juga lembaga yang santun, dan lembaga yang bagus melayani masyarakat,” ungkap Nasrulloh.

Dalam hal pelayanan Nasrulloh mengakui disetiap tahun pihaknya memang memiliki anggaran dalam pengurusan perkara.

“Setiap tahun kami ada anggaran untuk menyelesaikan perkara yang disebut dengan perkara prodium (dibebaskan untuk membayar Negara dan Negara yang akan membayar itu). Dan bahkan jika itu habis Nagara yang membiayai, kami juga melayani masyarakat secara prodio dan bahkan kami juga melayani masyarakat terutama bagi yang jauh dari peradilan (sistem jemput bola) seperti halnya daerah Bengkulu Tengah,” pungkas Nasrulloh.
Tampak hadir dalam upacara tersebut diantaranya Ketua Pengadilan Negeri dan jajaran, serta para undangan lainnya.

Setelah usai upacara, pihak Pengadilan Agama bersama Pengadilan Negeri serta para undangan melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda diperingatinya HUT Mahkamah Agung yang Ke-74.

Editor : Herman Eryudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *