Tangani Peristiwa Kebakaran Pasar Purwodadi, Mian Gerak Cepat Tetapkan 4 Program Aksi

0
338
Bupati Mian saat meninjau lokasi kebakaran pasar Purwodadi Arga Makmur.

KONTRASTODAY.COM, Bengkulu Utara Pasca kebakaran yang melanda pasar Purwodadi Kecamatan Arga Makmur, Senin dini hari (05/04/2021). Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian langsung meninjau lokasi dan mengambil 4 langkah strategis guna membantu para pedagang korban kebakaran. 4 langkah strategis itu diberi nama program aksi.

Program aksi yang pertama adalah pembersihan. Kata Mian, karena masih ada puing-puing dan titik api, semua jajaran pemerintah daerah khusus dinas terkait dikerahkan untuk pembersihan bersama TNI-POLRI dan kita akan dirikan dapur umum serta tenda darurat segera.

“Tolong seluruh petugas Satpol-PP, Dishub Dan Dinsos segera turun kelokasi untuk membersihkan puing-puing dan material yang ada. Dan kepada Disperindag tolong di dirikan lapak sementara setelah proses evakuasi selesai,” ujar Mian.

Bupati Mian saat menyambangi pedagang yang lapaknya terbakar.

Program aksi kedua, menugaskan dalam waktu 2 X 24 jam harus selesai kepada OPD yang membidangi untuk melakukan pendataan setiap pedagang yang tertimpa musibah.

“Saya minta untuk dilakukan pendataan segera, saya deadline dua hari sudah harus clear,” tegas Bupati.

Program aksi yang ketiga berkoordinasi secara menyeluruh terkait dengan skema tanggap darurat yang harus juga digelontorkan secara efektif, akurat efesien dan tidak menyalahi aturan.

“Berikutnya keempat, saya telah hubungi dan koordinasi dengan pak gubernur untuk membantu turunkan Tim Pemerintah Provinsi, tim ini akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk bisa menyampaikan ke pemerintah pusat bahwa kejadian musibah ini untuk tingkat kabupaten cukup luar biasa sehingga harus ditangani secara bersama,” tuturnya.

Lanjut Mian dirinya juga akan memberikan pengertian ke pedagang dan perwakilan pedagang untuk ketemu guna menyatukan persepsi, visi dan bergerak bersama.

“Insya Allah kami pastikan bahwa pemerintah akan segera melaksanakan program aksi untuk secepatnya membuat relokasi tanggap darurat agar kegiatan ekonomi para pedagang tidak berhenti,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati Mian juga menyambangi beberapa pedagang yang lapak daganganya ludes terbakar.

“Harap bersabar ya bu. Pemerintah tidak akan tinggal diam, kita akan upayakan yang terbaik,” pungkasnya.

Redaksi kontrastoday.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here