HeadlineHukum dan KriminalKepahiang

Longsor Setinggi 20 meter, Jalan Tertutup dan Tiang Listrik Roboh

242
×

Longsor Setinggi 20 meter, Jalan Tertutup dan Tiang Listrik Roboh

Sebarkan artikel ini

Minggu, 09 September 2018
KONTRIBUTOR : FAUZI

KEPAHIANG – Curah hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari lalu mengakibatkan tanah longsor dan robohnya jaringan listrik. Ketinggian longsor yang terjadi pada Jumat (7/9) itu diperkirakan mencapai 20 meter. Sehingga menutup akses jalan di Desa Babakan Bogor, Kecamatan Kaba Wetan, Kabupaten Kepahiang.

Selain itu, akibat robohnya tiang listrik pelanggan PLN di daerah itu mengalami pemadaman. Longsor juga disebut merugikan warga, Helmi Johan. Lantaran kolam miliknya jebol berikut dengan kebun jeruk yang terseret longsor. Ditaksir kerugian yang dialaminya mencapai Rp 50 juta.

”Perkiraan terjadinya tanah longsor itu sekitar jam 11 malam (23.00 WIB, red) tadi. Kolam ikan yang saya miliki juga jebol dan tanaman jeruk saya ikut terkena longsor. Selain itu juga akses jalan juga sempat tertimbun tapi dapat segera dibersihkan,” ungkap Helmi Johan.

Atas kejadian itu, Helmi berharap agar Pemkab Kepahiang segera mengambil tindakan dan membangun tanggul pengaman tebing. Hal itu untuk mengantisipasi longsor saat hujan deras.

“Dengan kejadian ini saya berharap pihak-pihak terkait bisa membangun semacam pelapis atau bronjong untuk meminimalisir material yang longsor yang kemungkinan sewaktu-waktu bisa terjadi,” imbuh Helmi.

Kades Babakan Bogor, Giran telah menerima informasi dan pihaknya langsung turun ke lapangan. Ia mengimbau warga untuk waspada akan bencana longsor. Terlebih saat ini curah hujan tengah tinggi.

‘’Selepas sholat subuh, saya mendapat kabar adanya tanah longsor yang menutup badan jalan. Lalu, saya bersama warga dibantu tim Polri, TNI dan BPBD Kepahiang gotong royong membersihkan tanah yang menutup badan jalan. Sehingga, arus lalu lintas dapat kembali lancar. Kita minta warga untuk selalu waspada,’’ papar Giran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *