Pembangunan Rel Kereta Api, Kaur-Muara Enim, Sudah Masuk RIPNas

0
818

Selasa, 25 September 2018
PEWARTA : JHON

KAUR – Pemerintah Kabupaten Kaur, dalam forum diskusi di Bengkulu mengusulkan pembangunan rel kereta api dari Linau Kecamatan Maje, Kaur, ke Muara Enim Sumatera Selatan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kaur, Anuar Sanusi, kepada awak kontrastoday, Selasa (25/9). Dan katanya, telah masuk dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNas)

Menurut pengakuan Anuar, izin prinsip atas rencana tersebut sudah pernah terbit, pada tahun 2008-2009. Termasuk juga pembangunan pelabuhan Linau, untuk dijadikan kawasan ekonomi khusus. Saat itu kata dia, pelabuhan Linau sedang dalam pembangunan, yang disetujui oleh Dua Gubernur dan Dua Bupati.

Dengan adanya persetujuan Gubernur Sumatera Selatan dan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) juga Gubernur Bengkulu dan Bupati Kaur, berlanjut pada tahun 2011 pemerintah kembali mengeluarkan izin pembangunan rel kereta api sepanjang 48,36 kilometer.

“Di Kabupaten Kaur atas nama PT Linau Bumi Lestari. Semua berkas terangkum dalam kerangka acuan analisis dampak lingkungan (KA-AMDAL). itu sebagai arsip dan lampiran untuk Kabupaten Kaur,” kata Anuar.

Lebih jauh ia menyebutkan, Pemkab Kaur telah mengusulkan hal itu ke Kementerian perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Diusulkan agar pembangunan dimaksud dapat dimasukkan dalam rencana pemabngunan induk nasional.

“Dan hasilnya, pembangunan jalur rel kereta api Linau – Muara Enim, sudah masuk dalam RIPNas,” pungkas Anuar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here