HeadlineMukomuko

Bursa Inovasi Desa, Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat

118
×

Bursa Inovasi Desa, Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Senin, 15 Oktober 2018
Pewarta : Yadhi

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, Pada Senin (15/10), mengadakan kegiatan sosialisasi Bursa Inovasi Desa (BID) yang dilaksanakan di baseman Kantor Bupati Mukomuko. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Mukomuko, H Choirul Huda, SH itu, dihadiri seluruh kepala desa, lurah dan camat se Kabupaten Mukomuko. Selain itu juga hadir pejabat dari segenap OPD dan unsur FKPD setempat.

Bupati Choirul Huda, saat membuka acara menyampaikan, replikasi inovasi desa harus bisa mengadopsi untuk perkembangan dan peningkatan pembangunan, serta kesejahteraan sesuai dengan kultur dan sumber daya masyarakat (SDM). Dana yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik dengan kreativitas dan inovatif yang efektif guna kesejahteraan masyarakat desa.

”Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang bagi setiap masyarakat di desa dengan ruang lingkup kabupaten. Bursa inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten. Dengan itu, kita mengharapkan kreatifitas masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” kata Bupati.

Kadis PMD Kabupaten Mukomuko, Saroni, SH, dalam laporannya memaparkan, kegiatan ini bertujuan menjembatani kebutuhan pemerintah daerah atas solusi peyelesaian masalah dan alternatif penggunaan DD lebih efektif dan inovatif. Semua peserta diharapkan berkomitmen untuk mengadopsi replikasi inovasi sesuai dengan analisis dan kebutuhan desa masing-masing.

Mendisiminasi program inovasi desa, menginformasikan inovasi desa, pelaku yang melakukan inovasi desa memperkenalkan inisiaif inovasi kepada masyarakat untuk peningkatan kualitas pembangunan. Juga membuat komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau meretivikasi dalam bursa inovasi desa guna pembangunan di desa.

”Dengan peserta kegiatan terdiri dari Kepala Desa, Badan Musyawarah Desa, Tokoh Masyarakat, TPID, Pendamping Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Inovasi Kabupaten kami berharap setiap desa dan juga kelurahan yang ada dapat meningkatkan setiap program-program untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat,” kata Saroni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *