HeadlineMukomuko

Sungai Rengas Meluap, Talang Petai Dilanda Banjir

357
×

Sungai Rengas Meluap, Talang Petai Dilanda Banjir

Sebarkan artikel ini

Sabtu, 3 November 2018
Pewarta : Yadhi

MUKOMUKO – Curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Mukomuko kembali menimbulkan dampak buruk dengan meluapnya air sungai Rengas. Sejumlah rumah warga di Desa Talang Petai Kecamatan V Koto pada Jumat (2/11) dilanda banjir. Diperkirakan, debet air yang sangat tinggi membuat aliran sungai di wilayah itu meluap dan tak dapat menampung arus air yang cukup deras.

Beruntung, dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, warga yang rumahnya terkena banjir terpaksa mengungsi dan mengevakuasi barang-barang berharga miliknya, untuk sementara menginap di rumah tetangga.

Penyebab utama banjir diduga akibat penebangan hutan di wilayah itu beralih fungsi menjadi perkebunan sawit oleh salah satu perusahaan ternama di Kabupaten Mukomuko. Sehingga, debit air tinggi tak mampu terserap.

Warga meminta pemerintah mengambil tindakan cepat, karena bencana banjir hampir kerap terjadi dalam tiap tahunnya.

”Ya, tiba-tiba saja air datang dari atas aliran sungai. Kejadian ini sudah berulang-ulang. Faktor utamanya karena banyaknya hutan yang ditebang dan dijadikan kebun sawit. Sehingga, saat hujan deras tidak bisa lagi menahan air,” ungkap Amin warga setempat.

Hal senada disampaikan Irwan. Menurutnya, di aliran sungai itu sudah dibangun bronjong melalui dinas PUPR. Namun, lantaran aliran sungai dinilai sempit saat curah hujan tinggi, air sungai meluap.

”Memang ada pembangunan beronjong, namun kurang efektif. Buktinya, saat musim hujan aliran sungainya meluap dan rumah warga tetap kebanjiran. Kami berharap pemerintah mengambil tindakan lain untuk mengantisipasi kejadian ini. Karena wilayah kami sudah menjadi langganan banjir,” pungkas Irwan, diamini M Ali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *