Manfaatkan Potensi Sumber Daya Alam, Pemkab Kaur Terapkan Teknologi Tepat Guna

0
226

Jumat, 16 November 2018
Pewarta : Jhon

KAUR – Dengan tujuan menggali potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Kabupaten Kaur, serta mengoptimalkan pemanfaatannya, pemerintah daerah setempat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) menggiatkan upaya dengan penerapan teknologi tepat guna.

Untuk itu, pada Jumat (16/11) Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur mengadakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan teknologi tepat guna di aula Bappeda yang diikuti oleh sekitar 100 peserta dari 15 kecamatan, bersama sejumlah instansi terkait di daerah itu.

Kepala Bappeda dan Litbang kaur, Sulaiman yang saat itu diwakili oleh Kabid Litbang, Ahpindar mengemukakan, pemanfaatan tekhnologi tepat guna harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, tidak merusak lingkungan serta mudah didapat oleh masyarakat.

“Sumber daya alam yang ada di Kaur saat ini sepertinya tidak memperhatikan terhadap daya dukung yang ada, dan terkesan mengabaikan kepentingan masyarakat. Semestinya itu dihentikan,” kata Ahpindar.

Dijelaskan oleh dia, pihaknya telah mengadakan MoU dengan LIPI, diharapkan tahun 2019 dapat terealisasi.

“Pengolahan sumber daya alam kita harus berdasarkan prinsip berkelanjutan, keterpaduan dan berkeadilan,” katanya menambahkan.

Sementara itu. tenaga ahli dari PMD, Sulastri menyampaikan, tentang upaya percepatan pemberdayaan masyarakat desa, dan mengelola sumber daya alam yang ada, serta potensi di desa.

“Pemanfaatan tekhnologi tepat guna, harus di lakukan dengan baik dan dioptimalkan. Sehingga pencapaian peningkatan kesejahtraan di desa itu akan lebih baik,” kata Sulastri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here