Situs Budaya Berusia 2 Abad di Mukomuko Terancam Punah, Fort Anne Nyaris Tenggelam

0
652

Rabu, 21 November 2018
Pewarta : Yadhi

MUKOMUKO – Salah satu cagar budaya bersejarah di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yakni Fort Anne atau lebih dikenal dengan sebutan Benteng Anna, terancam punah dan tenggelam. Akibat tergerus air, benteng peninggalan Inggris di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko tersebut nyaris terjun ke sungai.

Hingga saat ini belum ada upaya penyelamatan atau tindakan pemeliharaan dari pihak pemerintah daerah setempat. Sekalipun benteng yang didirikan oleh kolonial Inggris (East India Company) pada tahun 1798 di selatan sungai Selagan tersebut, telah ditinjau oleh pihak Kementerian dan Balai Sungai Sumatera.

Elemen masyarakat serta pemerhati budaya tentunya mulai merasa khawatir terhadap kelestarian sisa peninggalan bersejarah itu. Bila tidak segera ditangani, dipastikan akan terjun ke sungai. Mengingat jarak antara bangunan benteng dengan bibir sungai hanya berkisar 1 meter saja.

“Kita khawatir bangunan yang memiliki nilai sejarah itu akan terjun ke sungai. Kita minta Pemkab Mukomuko proaktif dengan mengajukan anggaran ke kementerian. Jika hanya mengandalkan APBD kabupaten atau provinsi tentu tidak akan cukup,” ungkap Weri Tri Kusuma, SH, Ketua LP-KP Kabupaten Mukomuko diamini anggota, Azmi Sukri, SH.

Namun, menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT melalui Kabid Sumber Daya Air, Sunaji, ST, saat ini Pemkab Mukomuko tengah membuat pengajuan yang akan disampaikan langsung kepada pihak kementerian.

”Pihak Kementerian bersama PU Balai Sungai Sumatera telah turun ke lokasi. Pemkab Mukomuko melalui dinas terkait diminta untuk membuat pengajuan. Dan kami langsung yang menyusunnya untuk selanjutnya diserahkan ke pusat,” pungkas Sunaji.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here