Kebakaran Hebat Hanguskan 8 Rumah Di Sekayun

0
1014

Selasa, 4 Desember 2018
Kontributor : Ferdi

BENGKULU TENGAH – Kebakaran hebat pada Selasa siang (4/12) terjadi di Desa Sekayun, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah. Akibat amukan api yang meluluhlantakan rumah warga selama lebih kurang 3 jam, sejak pukul 12.30 WIB siang itu, 8 rumah beserta isinya hangus terbakar.

Dugaan sementara, api berasal dari hubung pendek arus listrik (Konsleting) di ruang tengah rumah milik Maida atau biasa dipanggil Idem. Kobaran api dan asap yang tebal pertama kali dilihat oleh warga di sekitar yang spontan berteriak untuk memberitahu warga lainnya.

Kades Sekayun, Haryono membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapatkan informasi ia langsung mengerahkan warga lainnya untuk saling membantu memadamkan api. Bahkan, dari inisiatif warga menghancurkan 6 rumah warga yang atapnya terkena api. Dengan maksud, agar tidak menjalar lebih jauh ke rumah lainnya.

“Kami langsung coba padamkan api dengan alat seadanya. Warga juga merobohkan rumah yang atapnya kena percikan api. Ini dilakukan supaya tidak banyak menjalar. Dan berhasil dipadamkan setelah 3 jam,’’ kata Kades.

Sayangnya kata Kades, ketika mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi kejadian, rumah warga sudah terlanjur hangus dan hanya bersisa puing-puing. Ini lantaran jarak tempuh yang cukup jauh.

Kata dia, pada saat kejadian beberapa pemilik tidak berada di rumah, sebagian besar masih menjalani aktivitasnya di kebun. Pasca kejadian, warga yang menjadi korban rumahnya terbakar mengungsi ke rumah sanak saudara maupun tetangga sekitar desa.

“Besok akan kami data kembali. Sementara ini mereka (korban-red), menumpang di rumah keluarga lainnya,’’ jelas Haryono.

Terpisah, Kapolres Bengkulu Utara, AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.Ik, MM melalui Kapolsek Pondok Kelapa, Iptu. Budimansyah, S.Sos mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Anggota kepolisian turut membantu melakukan pemadaman dan membersihkan puing-puing.

‘’Beberapa rumah ludes, kerugian mencapai ratusan juga. Kita terus berjaga-jaga di kawasan tersebut,’’ kata Kapolsek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here