Bengkulu UtaraHeadline

Pungutan di SMPN 28 BU Terindikasi Pungli, Inspektorat Segera Turun

466
×

Pungutan di SMPN 28 BU Terindikasi Pungli, Inspektorat Segera Turun

Sebarkan artikel ini
Gedung SMPN 28 Bengkulu Utara

Rabu, 12 Desember 2018
Pewarta : Herman

BENGKULU UTARA – Pihak Inspektorat Bengkulu Utara akan segera menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan tentang adanya dugaan telah terjadi praktik pungutan liar (Pungli) di SMP Negeri 28 di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara. Ketegasan tersebut disampaikan oleh Inspektur Inspektorat BU, Dullah, SE, Rabu (12/12).

“Kami akan segera turunkan tim guna lakukan pengecekan atas pungutan tersebut,” kata Dullah.

Adanya indikasi pungli dilakukan oleh pihak sekolah dimaksud, lantaran menetapkan iuran sebesar Rp 250 ribu kepada wali murid, dengan dalih untuk rehabilitasi sarana kamar kecil atau water closed (WC) sekolah itu.

Bahkan, Kepala Sekolah SMPN 28, Korea Rajagukguk, tidak membantah adanya pungutan yang bila dikalikan dengan jumlah 265 siswa menjadi sebesar Rp 66 juta lebih tersebut. Namun, dia berdalih, pungutan yang dilakukan kepada wali murid merupakan gagasan komite sekolah.

Data terhimpun kontrastoday.com, dari seluruh siswa yang dikenakan kewajiban iuran itu, hingga saat ini sudah tercatat sekitar 30 persen yang telah membayar.

“Ya memang betul, pihak kami melakukan pungutan sebesar Rp 250 ribu per siswa. Tapi peruntukannya jelas,” kata Kepala Sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan BU, Margono mengatakan akan melakukan cross check. Menurut dia, Apapun bentuknya, pihak sekolah dilarang keras melakukan pungutan kepada wali murid.

“Jika sesuai dengan rapat antara komite dan wali murid itu ya hak mereka. Sifatnya pihak sekolah hanya menerima dari komite. Untuk kepastiannya kami akan cek dulu,” kata Margono.

Namun tidak dijelaskan oleh Margono, apakah masih dianggap sah-sah saja apabila keputusan hasil rapat komite yang menetapkan pungutan itu bertentangan dengan ketentuan.

baca juga : Akses Bengkulu-Arga Makmur Via Jembatan TAP Bakal Ditutup Total

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *