HeadlineKepahiang

Pilkades 3 Desa di Kepahiang Digugat, Bupati Akui Telah Terima Laporan

398
×

Pilkades 3 Desa di Kepahiang Digugat, Bupati Akui Telah Terima Laporan

Sebarkan artikel ini
Foto : Ilustrasi

Minggu, 28 Oktober 2018
Kontributor : M Fauzi

KEPAHIANG – Usai digelarnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Kepahiang, 3 desa digugat. Antara lain  Desa Nani Agung, Desa Air Selimang dan Desa Meranti Jaya. Menurut calon Kades yang kalah, gugatan terhadap panitia Pilkades tersebut lantaran ditemukan sejumlah kejanggalan, seperti terdapat pemilih eksodus, dan money politik serta kejanggalan lainnya.

Adanya gugatan atas kejanggalan tersebut, dibenarkan Bupati Kepahiang, Dr. Ir Hidayatullah Sjahid, MM. Menurut Bupati, pihaknya telah menerima laporan secara langsung, dan akan segera menindaklanjutinya.

“Saya sudah dapat laporan dan akan saya cek seberapa jauh kebenarannya tentang Pilkades yang terdapat masalah atau komplain dari calon kades. Kita juga akan panggil bagian pemerintahan untuk menindaklanjuti komplain dari laporan tersebut,” kata Bupati.

Ditegaskan Bupati, jika laporan itu terbukti dan terdapat sejumlah pelanggaran, bukan tidak mungkin hasil pilkades akan dibatalkan. Namun, terlebih dahulu mesti dilakukan peninjauan kembali titik awal permasalahannya. Karena menurutnya untuk pilkades ulang tentu membutuhkan biaya melalui pembahasan APBD.

“Jika laporan tersebut terbukti bisa saja hasil Pilkades dibatalkan. Meski demikian harus dilihat dulu kesalahanya bagaimana. Semua ada aturanya, untuk pilkades ulang, saya belum berani bicara kesitu, jika dilaksanakan, tentu akan memerlukan anggaran lagi dari APBD,” pungkas Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *