HeadlineMukomuko

Diberi Waktu Hingga Senin, PT Agromuko Bakal Didemo Warga, Ini Pasalnya

394
×

Diberi Waktu Hingga Senin, PT Agromuko Bakal Didemo Warga, Ini Pasalnya

Sebarkan artikel ini

Jumat, 16 November 2018
Pewarta : Yadhi

MUKOMUKO – Warga Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko yang tergabung dalam Tim Pengembangan Wilayah Desa (TPWD) menuntut PT Agromuko, agar bersedia membebaskan lahan Hak Guna Usaha (HGU) seluas 15 hektar, guna dijadikan fasilitas umum. Sayangnya pengajuan warga yang direkomendasi oleh Pemkab dan DPRD Mukomuko, dan diajukan sejak juni lalu itu, tak kunjung disetujui oleh pihak perusahaan.

Bahkan hingga didatangi oleh warga bersama TPWD, BPD dan perangkat desa pada Rabu (14/11) kemarin, pihak perusahaan belum juga bersedia memberikan lahannya, dengan alasan masih menunggu keputusan dari Medan. Jawaban dari PT Agromuko itu membuat warga jadi meradang dan mengancam akan melakukan aksi.

Rencana aksi demo tersebut langsung dimusyawarahkan pada malam harinya, bersama perangkat desa, TPWD serta sejumlah tokoh masyarakat, dihadiri pula oleh aparat kepolisian. Lantas diperoleh kesimpulan, PT. Agromuko diberi waktu hingga Senin (19/11) untuk memberikan kepastian.

”Warga yang tergabung dalam TPWD mengajukan pembebasan lahan HGU. Namun, sudah lama itu belum ditanggapi. Kita sempat mendatangi kantornya, tidak bertemu dengan pimpinan perusahaan. Kami masih memberikan waktu hingga senin,” tegas Hengki Maryanto, ketua TPWD, Air Kasai.

Dijelaskan oleh dia, lahan yang dituntut seluas 15 hektar tersebut untuk dimanfaatkan sebagai lahan pembangunan fasilitas umum di desa itu. Mengingat lahan di desa sangat sempit, dan lagi kata dia, Air Kasai merupakan salah satu desa penyangga.

“Namun, jika tidak ada juga tindaklanjut dari Agromuko, kami akan gelar aksi menutup akses perusahaan itu,” pungkas Hengki diamini Sekretaris TPWD Air Kasai, Sugeng Supriyanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *