HeadlineLebong

Bantuan PKH 2019 Disesuaikan Dengan Beban KPM

259
×

Bantuan PKH 2019 Disesuaikan Dengan Beban KPM

Sebarkan artikel ini
Foto : Ilustrasi

Minggu, 21 Oktober 2018
Kontributor : Yofing

LEBONG – Sebelumnya, Menteri Sosial RI, Idrus Marham menyatakan bahwa pemerintah akan menaikkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2019 mendatang. Jika tahun 2018 ini bantuan hanya sebesar Rp 1,89 juta per keluarga per tahun, pada tahun depan bantuan akan dinaikkan menjadi Rp 2 juta per keluarga per tahun.

Bahkan, kenaikan bisa maksimal sampai dengan Rp 3,5 juta per keluarga per tahun. Tidak hanya dalam bentuk PKH saja, akan ada bantuan sosial dan subsidi juga dari kementerian lain untuk masyarakat agar pengentasan kemiskinan bisa cepat dilakukan. Namun besaran yang bakal diterima disesuaikan dengan beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara itu, menurut Koordinator PKH Kabupaten Lebong, Sri Utami, SE, sebelumnya memang untuk KPM komponen kesehatan dan pendidikan, menerima sebesar Rp 1,89 Juta pertahun dan untuk komponen kesejahteraan sosial, penyandang disabilitas atau lansia menerima sebesar Rp 2 Juta per tahun.

Sedangkan pada tahun 2019 mendatang ada perubahan, akan disesuaikan berdasarkan beban komponen yang ada, atau disesuaikan dengam beban tanggungan KPM. Untuk melakukan penyesuaian tersebut, kata dia, telah dilakukan pemutakhiran data.

“Jadi besaran uang yang masuk ke rekening setiap KPM mungkin berbeda-beda sesuai dengan komponen dan beban pada keluarganya,” jelas Sri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *