HeadlineKepahiang

HKN ke-54 Di Kepahiang, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita

242
×

HKN ke-54 Di Kepahiang, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita

Sebarkan artikel ini

Senin, 12 November 2018
Pewarta : ME

KEPAHIANG – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, di Kabupaten Kepahiang berlangsung lancar. Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM selaku inspektur upacara di halaman kantor Dinas Kesehatan (12/11), mengajak agar selalu menjaga kesehatan, dan tak henti-hentinya mencanangkan program gerakan masarakat hidup sehat (Germas).

“Mari bersama kita senantiasa menjaga kesehatan, dan mendukung program germas yang saat ini tengah digalakkan, hal itu sesuai intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2008. Selain itu mari kita ikuti intruksi Menteri Kesehatan, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita,” ucap Bupati.

Dijelaskan, bahwa pola hidup sehat diterapkan dengan menciptakan lingkungan sehat. Integrasi kesehatan perorangan hingga kesehatan masyarakat, fokus pada 12 indikator kesehatan keluarga.

Indonesia sedang menghadapi beban penyakit akibat kematian dini telah bergeser pada penyakit menular, jantung, diabetes kemudian penyakit menular DBD, malaria, cacingan, HIV/AIDS, kesehatan ibu dan anak, perawatan ibu nifas, perawatan bayi lahir,” jelas Bupati.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Saprialis Gani SKM menjelaskan, sebagai wujud menerapkan pola hidup sehat oleh dinas kesehatan kabupaten kepahiang sudah diterapkan di 31 desa open defecation free (ODF).

“Ada 31 desa open defecation free (ODF) yakni desa yang memiliki jamban air bersih atau desa yang sadar akan kesehatan dengan tidak membuang air besar disembarang tempat, misalnya disungai atau di saluran irigasi,” kata Saprialis

Lebih lanjut Saprialis Gani mengatakan sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan, pihaknya menyiapkan 16 tenaga dokter. Disiagakan di 14 Puskesmas se Kabupaten Kepahiang.

“Kami akan terus berupaya menambah jumlah tenaga dokter untuk melayani masarakat dengan melalukan perekrutan. Selain itu juga sekitar 400 tenaga kesehatan lainnya, seperti bidan dan perawat,” tutur Saprialis.

Pada kesempatan itu hadir pula sejumlah pimpinan OPD, FKPD dan seluruh tenaga kesehatan se Kabupaten Kepahiang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *