HeadlineKepahiang

Konsumsi Ikan Rendah, Masarakat Kepahiang Disediakan Pasar Ikan Higienis

236
×

Konsumsi Ikan Rendah, Masarakat Kepahiang Disediakan Pasar Ikan Higienis

Sebarkan artikel ini

Senin, 12 November 2018
Pewarta : ME

KEPAHIANG – Mengingat tingkat konsumsi ikan di Kabupaten kepahiang tergolong rendah, dan untuk menyediakan sarana transaksi yang bersih dan nyaman khususnya dalam memenuhi kebutuhan atas pangan berupa ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui dana hibah Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, membangun pasar ikan higienis (PIH). Pasar tersebut pada Senin (12/11) diresmikan penggunaannya oleh Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti MSi.

Dengan didampingi Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Ivan Samsurizal ST, MT, Sekdaprov disambut oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM dengan tarian adat dan sekapur sirih. Kemudian dilanjutkan laporan Kadis Perikanan, Ivan Samsurizal tentang pelaksanaan pembangunan pasar tersebut.

“Pembangunan revitalisasi pasar ikan higienis ini merupakan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun ini, ada alokasi dana untuk 2 tempat, namun hanya di Kabupaten Kepahiang bisa dibangun,” kata Ivan, dalam penyampaiannya, Senin.

Selain dari revitaliasasi pasar ikan higienis, juga ada bantuan frezer ikan. bantuan tersebut disalurkan mengingat tingkat konsumsi ikan di kepahiang tergolong rendah, dan tercatat hanya sedikit menerima suplai ikan laut. Maka bantuan frezer itu diperuntukkan bagi penjual ikan.

“Di Kabupaten lain sudah ada yang mengembangkan kampung ikan, kedepannya kita berharap dengan adanya pasar ikan higienis ini, Kabupaten Kepahiang bisa melayani kenutuhan ikan untuk Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong karena lokasi kepahiang sangat potensial, dilintasi jalan nasional,” jelas Ivan.

Sementara itu, Sekdaprov Bengkulu, Novian Andusti MSi menyampaikan, dengan adanya PIH ini diharapkan dapat merubah pola perdagangan ikan dari berjualan dipinggir jalan, beralih ke lokasi yang lebih higienis, lebih nyaman dan bersih.

“Sekarang sudah ada pasar ikan higenis, konsumen bisa mendapatkan ikan yang lebih berkualitas, baik ibu – ibu rumah tangga dan seluruh warga masarakat dapat membeli di tempat yang bersih dan nyaman. Demikian pula bagi para PNS, karena letaknya tidak jauh dari kantor Bupati,” kata Sekda.

Dengan telah diresmikannya pasar ikan tersebut, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM mengungkapkan rasa syukur. Karena kata Bupati, Kabupaten Kepahiang tidak ada laut, dan tingkat konsumsi ikan di daerah itu baru mencapai 40 kg per-kapita per-tahun.

“Konsumsi ikan tertinggi di Indonesia adalah Maluku. Kita hanya mengkonsumsi ikan sebanyak 25-39 kg per-kapita pertahun. Harapan kita akan semakin meningkat, meskipun budidaya ikan tawar di Kepahiang cukup banyak,” ucap Bupati.

Harapan Bupati kedepan, senada dengan harapan yang iungkapkan oleh Kadis Perikanan Provinsi yakni kedepan tidak ada lagi masarakat membeli ikan dipinggir jalan, karena sudah tersedia di pasar ikan higenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *