Tidak Lagi Menjabat, Seluruh Aset Dinas Harus Ditarik

0
320

Sabtu, 24 November 2018
Kontributor : Yofing DT

LEBONG – Bupati Lebong H. Rosjonsyah, SIP, M.Si., mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada seluruh Kepala OPD agar segera menarik semua kendaraan dinas dan barang milik daerah yang masih dikuasai oleh mantan pejabat di daerah tersebut yang sudah berakhir masa jabatannya atau yang sudah pindah tugas.

Surat edaran dengan nomor 032/ 1908/ BKD/XI/2018 tertanggal 21 November tersebut menindaklanjuti hasil audiensi Pemkab Lebong dengan KPK RI terkait program pencegahan korupsi pada Kamis (14/11) lalu.

Dalam audiensi saat itu, Coki selaku Koordinator Sub Pencegahan Korupsi KPK-RI menegaskan, tidak ada lagi aset daerah yang dibawa atau dipinjam oleh pihak lain yang tidak ada hubungannya dengan tupoksinya.

“Saya tegaskan, tidak ada lagi aset daerah yang dikuasai oleh yang bukan berhak, seperti kendaraan dinas yang masih saja digunakan oleh mantan pejabat yang sudah berakhir masa jabatannya atau sudah pindah tugas,” tegas Coki.

Dia juga mengingatkan agar aset dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya, dan oleh orang yang memang berhak. Untuk itu diminta kepada Kabid Aset agar segera mendata aset-aset bermasalah, kemudian laporkan kepadanya untuk ditinjau dan ditindak lanjuti.

“Jangan main-main, satu rupiah saja uang negara harus dipertanggungjawabkan, apalagi nilainya mencapai puluhan atau ratusan juta, apabila tidak dilaporkan itu termasuk kriteria korupsi,” tandas Coki.

Sementara Kepala Bidang Aset, Amirudin, ST mengelak dan mengaku tidak tahu banyak terkait itu karena menurutnya bagian aset itu hanya mendata dan mencatat aset yang ada, tapi yang lebih tahu pasti adalah masing-masing OPD karena itu tanggung jawab mereka.

“Saya kurang tahu tentang itu (aset daerah,red), kami tugasnya hanya mendata dan mencatat aset yang ada, untuk lebih jelasnya silahkan tanya OPD masing-masing karena mereka lebih tahu, kalau kami hanya mencatat saja tidak lebih,” elak Amir.Berikut isi surat

Berikut isi surat edaran Bupati Lebong,

1.Segera menarik kendaraan dinas dan barang milik daerah yang dibawa/dipinjam oleh pejabat/pegawai yang telah habis masa jabatan / pensiun dan atau pindah tugas;

2.Segera menarik kendaraan dinas dan barang milik daerah yang dibawa/dipinjam oleh pihak lain yang tidak ada hubungannya dengan tugas pokok dan fungsi OPD

3.Kendaraan dinas dan barang milik daerah yang sudah ditarik dikandangkan di halaman sekretariat daerah pemerintah Kabupaten Lebong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here